Sukses

Badai Salju 2 Hari, Peru Selatan Terisolasi

Terjangan badai salju di Peru selatan dalam 2 hari terakhir pada akhir pekan lalu, memutus akses ke daerah tersebut.

Terjangan badai salju di Peru Selatan dalam 2 hari akhir pekan lalu memutus akses ke daerah tersebut. Lokasi bencana terisolasi. Untuk itulah, para pejabat Peru mendesak pemerintah pusat untuk segera mengirimkan bantuan kepada sekitar 12 ribu keluarga.

Seperti diberitakan Xinhua, Selasa (27/8/2013), provinsi terpencil Carabaya yang terletak 1.540 km sebelah tenggara dari Lima --ibukota Peru-- dan 5 ribu meter di atas permukaan laut itu telah benar-benar terisolasi. Karena salju dan es setebal 1 meter memblokir jalan raya yang menghubungkan masyarakat dengan dunia luar.

Walikota Provinsi Carabaya Ronald Gutierrez yang berada di wilayah Puno Selatan pun meminta pemerintah pusat untuk segera mengirimkan barang-barang kebutuhan dasar, seperti makanan, mantel dan obat-obatan.

"Anak-anak dan orangtua yang paling menderita karena suhu yang dingin. Kami sangat membutuhkan helikopter untuk menyalurkan bantuan," kata Ronald.

Masyarakat dataran tinggi Peru seperti Carabaya itu berjuang melalui musim dingin yang keras, yang juga mengakibatkan beberapa kematian akibat penyakit pernapasan dan merosotnya ekonomi akibat kerusakan tanaman lokal dan populasi satwa liar. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini