Sukses

Badai Fernand Terjang Meksiko, 13 Tewas Tertimbun Longsor

Badai Fernand ternyata menyapu bagian Meksiko timur Veracruz pada Minggu 25 Agustus 2013, tak lama setelah terbentuk.

Badai Fernand menyapu Meksiko bagian timur di Veracruz pada Minggu 25 Agustus 2013. Kedatangan badai ini di luar prediksi karena menurut perkiraan Pusat Topan Nasional AS, badai akan tiba Senin, 26 Agustus 2013.

13 Orang pun dilaporkan meninggal dunia tertimbun tanah longsor, yang terjadi pasca-hujan deras bawaan Badai Fernand.

"Para korban meninggal ditemukan di Kota Yecuatla, Sierra de Misantla, di Distrik Tuxpan, dan di wilayah komunitas Atzalan, setelah badai tropis 'berlabuh' di dekat pelabuhan Veracruz pada Minggu malam, membawa serta hujan lebat," kata pihak berwenang dari kantor Perlindungan Sipil Veracruz seperti dimuat Xinhua, Selasa (27/8/2013).

Tak hanya memakan korban, terjangan hujan deras dari Badai Fernand itu juga merusak 100 rumah akibat tanah longsor.

"Badai tropis itu kemudian melemah pada Senin pagi, dan akan terus melemah dalam beberapa jam," kata pusat layanan ramalan cuaca lokal.

Diberitakan CNN, Badai Fernand diperkirakan akan 'berlabuh' di Meksiko pada Senin pagi waktu setempat. Terjangannya akan tiba dalam beberapa jam, setelah terbentuk di barat Teluk Campeche, di lepas Pantai Meksiko.

Menurut Pusat Topan Nasional AS, Badai Fernand memiliki kecepatan angin maksimum 45 mil per jam dan menuju barat pada kecepatan 9 mil per jam. (Tnt/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini