Sukses

Foke Warning Jakarta Bisa Bangkrut, Ahok: Semua Negara Juga Sama

Apa yang disampaikan Foke juga merupakan kekhawatiran yang dialami oleh seluruh negara di dunia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo memberikan sejumlah peringatan kepada penerusnya, Jokowi-Ahok agar fokus menata Jakarta dalam aspek birokrasi dan pelayanan masyarakat.

Foke pun mengambil contoh kota Detroit, Amerika Serikat yang bangkrut karena tidak dapat menyeimbangkan antara kemampuan untuk melayani publik dan dengan  kemampuan anggaran.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, apa yang disampaikan Foke juga merupakan kekhawatiran yang dialami oleh seluruh negara di dunia. Bila manajemen anggaran tidak terkelola dengan baik, maka sebuah negara atau kota bisa mengalami kebangkrutan.

"Itu semua negara juga sama. Semua kota juga sama. Kalau Anda tidak hati-hati, pasti bisa bangkrut," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Senin, (26/8/2013).

Namun demikian, peringatan dari Foke itu akan menjadi saran dan masukan berarti buatnya, terlebih walau sempat saling adu kuat dalam Pilgub tahun lalu memperebutkan posisi gubernur dan wakil gubernur, Ahok menganggap Foke bukan orang sembarangan.

"Oh jelas dong, Beliau sudah lama di sini. Pak Foke kan lebih berpengalaman, karena dia kan pernah jadi wakil gubernur, sampe gubernur, dari baru jadi PNS, dari muda sampai pensiun di sini," ucap Ahok.

Sebelumnya, soal Detroit, Gubernur DKI Jakarta Jokowi dengan tegas mengatakan, Jakarta berbeda dengan Detroit yang nyaris bangkut. Jakarta yang mempunyai tingkat pertumbuhan ekonomi yang baik.

"Saya kira semua masukan baik akan dipakai, tapi kita ini (Jakarta) bukan Detroit, income kita besar, pertumbuhan ekonomi kita juga baik. Kalau dinasionalkan lebih baik," ujar Jokowi.

Detroit yang pernah jaya berkat industri otomotifnya, mengajukan status pailit ke Pengadilan Federal. Bangkrut!

Ada sejumlah faktor yang diduga jadi biang keladi kebangkrutan Detroit. Di antaranya, jumlah penduduk yang terus susut, penurunan pendapatan pajak yang anjlok. Juga korupsi dan salah kelola keuangan. (Ein/Sss)

Baca juga: Detroit di Amerika Serikat Bangkrut! Ya, Seluruh Kotanya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini