Sukses

Roy Suryo Beber `Bukti` Ani Yudhoyono Sedang Potret Aira

Foto Aira yang dimuat di akun instagram Ibu Negara itu sempat disebut hasil editan.

Gambar foto hasil jepretan Ibu Negara Ani Yudhoyono saat mengabadikan cucunya Almira Tunggadewi Yudhoyono atau Aira berlatar belakang Monas sempat membuat heboh jagat media sosial. Foto yang dimuat di akun instagram Ibu Negara itu sempat disebut hasil editan.

Tetapi, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo yang juga pegiat telematika punya pendapat lain. Roy mengaku menjadi saksi mata saat Ibu Negara mengabadikan cucu pertama dari Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan itu.

Dan, kata Roy, foto itu asli jepretan Ibu Negara. "Itu bukti yang ramai di instragramnya Ibu Negara," kata Roy Suryo dalam keterangan kepada Liputan6.com, Senin (26/8/2013). "Ya, asli saya sendiri yang motret."

Tidak hanya itu, Roy juga mengunggah 'barang bukti' itu ke akun twitter pribadinya di @KRMTRoySuryo. Roy tak menduga soal foto memfoto ini membuat heboh dunia media sosial di Tanah Air. "Lucu kan? Kok ya 'kebetulan' sekarang heboh," ujar menteri yang juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat ini.

Foto Aira berlatarbelakang Monas dan ondel-ondel saat perayaan HUT ke-68 RI itu diunggah Ibu Negara pada Sabtu 24 Agustus lalu. Keesokan harinya banyak komentar di akun instagram Ibu Negara. Bahkan, komentar mengkritik hingga mempertanyakan keaslian foto itu. Karena, foto Aira itu seperti 2 gambar yang dijadikan satu frame. Total komentar dalam foto itu mencapai 669 komentar. Sedangkan yang memberi 'like' hingga 4.080.

Ibu Negara pun menanggapi. "Foto ini hanya di-crop. Kalau Aira tampak besar, memang dia berdiri di teras Istana Merdeka, sementara itu saya motret juga di dekat Aira, di teras yang sama. Ini kan ketika kita menonton pawai budaya dalam rangka HUT Kemerdekaan RI," tulis akun @aniyudhoyono.

Tidak hanya itu, Ibu Negara juga melanjutkan tanggapannya. "1. Untuk apa saya mengedit foto Aira agar menempel di situ? 2. Saya bukan fotografer profesional, teknik saya memotret biasa2 saja. Saya tidak pernah merasa sekelas Natgeo. 3. Saya memotret hanya karena hobby. 4. Saya aktif di IG sekedar untuk sharing foto karena mungkin banyak moment baik yang belum tentu dipunyai orang lain. 5. Sama sekali tidak bermaksud untuk dipuji2. 6. bagi yang ingin menikmati karya saya, silakan, alhamdulillah. 7. Saya akhiri perdebatan tentang foto ini. Editan apa bukan. Terserah pendapat masing2. Salam penuh kejujuran dan ketulusan," tambah Ibu Negara lewat akun instragramnya @aniyudhoyono.

(Ism/Mut)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini