Sukses

Usai Operasi Ambeien, Luthfi Hasan Dirawat di RSCM

Pascaoperasi, mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq menjalani masa pemulihan di RSCM.

Mantan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq (LHI) akhirnya menerima rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menyarankan agar dilakukan operasi terhadap penyakit ambeiennya. Kini, LHI sedang menjalani masa pemulihan di RS Cipto Mangunkusumo.

"Operasinya sudah selesai dan berhasil. Sekarang sedang pemulihan. Kalau seminggu ke depan membaik, akan keluar dari rumah sakit," kata pengacara LHI, Muhammad Assegaf saat dihubungi di Jakarta, Senin (26/8/2013).

Saat ini LHI masih dibantarkan dari tahanan, terkait perkara suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian yang membelitnya. Persidangan perkaranya yang sudah masuk tahap pemeriksaan saksi, terpaksa ditunda hingga yang bersangkutan pulih.

Pada 14 Agustus, LHI batal mengikuti persidangan karena mengalami pendarahan saat tiba di Pengadilan Tipikor Jakarta. Pada saat itu pula Luthfi langsung dibawa ke Rumah Sakit MMC Jakarta yang terletak tak jauh dari pengadilan.

Pada kasus ini, LHI didakwa melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang terkait rekomendasi kuota impor daging sapi pada Kementerian Pertanian. LHI dan Ahmad Fathanah diduga menerima uang dari PT Indoguna Utama senilai Rp 1,3 miliar.

Selaku anggota DPR sekaligus Presiden PKS, LHI didakwa memengaruhi pejabat Kementan agar menerbitkan rekomendasi kuota impor 8.000 ton untuk PT Indoguna Utama. LHI juga didakwa menyamarkan harta kekayaannya yang berasal dari hasil tindak pidana korupsi. (Frd/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.