Sukses

[VIDEO] Festival Egrang, Tarian Poco-poco di Atas Bambu

Ada yang menari poco-poco sambil menaik egrang. Meskipun berdiri di atas 2 bilah bambu, mereka dapat dengan luwes menarikan tarian itu.

Permainan tradisional semakin lama kian terpinggirkan, salah satunya egrang. Untuk melestarikan permainan menggunakan 2 bilah bambu itu, Festival Egrang pun digelar di Jember, Jawa Timur.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (25/8/2013), alun-alun Kecamatan Ledok Ombo, Jember nampak ramai dipadati warga. Mereka tengah antusias menyaksikan Festival Egrang.

Puluhan kelompok turut meramaikan festival ini dengan memainkan egrangnya. Ada yang menari poco-poco sambil menaik egrang. Meskipun berdiri di atas 2 bilah bambu, mereka dapat dengan luwes menarikan tarian itu.

Ada pula kelompok yang memainkan egrang dengan mengenakan kain dan aksesoris berat. Namun kostum yang dipakai mereka tak mengurangi kelincahan mereka. Keunikan festival ini tak berhenti di situ. Di atas egrang, permainan jimbe yang ciamik bisa dimainkan.

Dalam festival yang dicetuskan komunitas Tanoker itu digelar juga sejumlah lomba yang berkaitan dengan egrang, mulai dari menggambar hingga membuat cinderamata berupa egrang. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini