Sukses

[VIDEO] Kisah Mama Belgi, Ibu 4 Ribu Anak Panti di Maumere

Sosok di balik keluarga besar ini adalah seorang wanita asal Belgia, yang kini telah berusia lebih dari 80 tahun. Dia adalah Mama Belgi.

Menyanyi bersama jadi kegiatan sehari-hari di sejumlah panti asuhan di Maumere, Flores, Nusa Tenggara Barat (NTB). Selain bergembira, anak-anak asuh mendapat berbagai pelatihan keterampilan, mulai dari menjahit hingga bermain musik, sebagai bekal untuk hidup mandiri.

Sosok di balik keluarga besar ini adalah seorang wanita asal Belgia, yang kini telah berusia lebih dari 80 tahun. Dia adalah Mama Belgi.

Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (25/8/2013), menayangkan, sebelum datang ke Indonesia, wanita bernama lengkap Marie Jeanne Colson itu adalah guru, yang selalu tergerak untuk membantu anak-anak. Sejak di negara asalnya, Belgia hingga Afrika.

Dari tangan Mama Belgi, telah berdiri 6 panti asuhan. Menampung penyandang cacat dan yatim piatu. Semua anak disekolahkan setidaknya hingga SMA.

Biaya operasional perbulan sekitar Rp 150 juta diperoleh dari sumbangan berbagai sumber, terutama para simpatisan di luar Indonesia. Awalnya, kondisi jauh lebih sulit. Tiada dana, tiada bantuan dari pemerintah setempat. Fasilitas untuk anak-anak terpaksa seadanya saja.

Lebih dari 4 ribu anak, akhirnya tumbuh dalam lingkungan panti Mama Belgi. Seiring waktu, sarana terus bertambah. Sekarang telah ada sarana terapi untuk penyandang cacat.

Tak berhenti pada anak-anak panti, Mama Belgi juga menyalurkan bantuan bagi anak-anak keluarga tidak mampu agar mereka bisa terus bersekolah.

Kini banyak sudah anak asuh Mama Belgi yang berkarya untuk masyarakat. Mulai dari menjadi dokter sampai pengusaha. Harapan Mama Belgi tidaklah muluk, pekerja sosial di panti pada akhirnya juga bisa hidup layak. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.