Sukses

Massa FPI Bersiap Putihkan Jakarta, Kawasan Petamburan Macet

Sebagian massa pun tampak melakukan persiapan jelang pawai besar organisasi pimpinan Habib Rizieq Shihab itu.

Usai melaksanakan Munas ke III dan merayakan milad yang ke-15, Front Pembela Islam (FPI) mengadakan pawai keliling Jakarta. Ribuan aktivis FPI berkeliling Jakarta mulai pukul 10.00 WIB.

Pantauan Liputan6.com, hingga saat ini massa FPI telah berkumpul di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, Minggu pagi (25/8/2013). Sebelum melakukan pawai, massa terlebih dahulu menggelar orasi dan ceramah yang dilakukan di depan Jalan.

Karena dipenuhi oleh massa, Jalan KS Tubun, kawasan Petamburan pun akhirnya tertutup. Akibatnya kendaraan yang melewati Jalan KS Tubun menuju ke arah Slipi tersendat dan dialihkan ke Jalan KS Tubun yang mengarah ke Tanah Abang.

Sebagian massa pun tampak melakukan persiapan jelang pawai besar organisasi pimpinan Habib Rizieq Shihab itu. Di barisan massa, tampak jejeran motor, mobil dan bus yang telah dipersiapkan.

Di antara kendaraan yang digunakan dalam pawai, selain menggunakan pus pariwisata, tampak sebanyak 5 unit Bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) digunakan massa FPI. Bus ini merupakan feedur bus Transjakarta yang merupakan angkutan penghubung perbatasan Jakarta di jalur Transjakarta jurusan Bekasi-Bundaran HI.

Panglima Besar Laskar FPI Maman Suryadi sebelumnya mengatakan, pawai dan marathon yang dilaksanakan hari ini akan dimulai dari kantor FPI di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat.

Rute yang akan ditempuh yakni dari Slipi menuju arah Cawang, Kampung Melayu, Senen melewati Jalan Gunung Sahari, Harmoni menuju kawasan Mangga, Tomang, S Parman melewati Slipi  dan akan kembali menuju kantor FPI di Petamburan.

"Pawai dan marathon akan dimulai dari Pertamburan, kantor FPI. Kemudian menuju Cawang, Kampung Melayu, Senen dan kita kembali ke kantor di Pertamburan," ungkap Maman.

Dalam Munas ke III FPI, Habib Rizieq yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum FPI, tidak lagi menjabat sebagai Ketua Umum FPI. Namun demikian, Rizieq tetap mendapatkan jabatan istimewa sebagai  Imam Besar FPI yang jabatannya berlaku seumur hidup. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.