Sukses

Nama Istri Anas `Menghilang` dari Akta Notaris Rekanan Hambalang

Hilangnya nama ini diduga untuk menghilangkan kaitan antara Athiyyah dan proyek Hambalang.

Nama Athiyyah Laila sudah tidak tercantum lagi dalam akta notaris PT Dutasari Citralaras, perusahaan rekanan proyek Hambalang. Hilangnya nama ini diduga untuk menghilangkan kaitan antara istri mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan proyek senilai Rp 2,5 triliun itu.

Hal tersebut diketahui dalam audit investigatif tahap II proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor dari Badan Pemeriksa Keuangan yang diperoleh Liputan6.com.

"RoW sebagai salah satu pemegang saham PT DC diminta MS (Machfud Suroso) untuk membuat akte perubahan PT DC. Hal ini sebagai tindak lanjut hasil diskusi antara MS, AL, dan MH (Munadi Herlambang) menyikapi perkembangan kasus Hamablang yang telah mulai diberitakan media massa, sehingga harus dilakukan langkah untuk menghilangkan kaitan AL (Athiyyah Laila sebagai istri AU) dengan proyek Hambalang," tulis audit itu.

"MS meminta untuk mengatur seolah-olah AL mengundurkan diri sebelum 2011. AL menyatakan salah satu alasan yang melatarbelakangi pengunduran dirinya dari PT DC adalah suaminya (AU) akan mencalonkan menjadi anggota DPR untuk menjaga agar tidak ada konflik kepentingan," lanjut audit itu.

Untuk mengganti akta notaris itu, MS kemudian meminta Ju untuk mengubahnya. "Tarif yang disepakati sebesar Rp 15 juta," tulis audit itu.

Saham Athiyyah sebanyak 1.650 lembar itu pun kemudian beralih menjadi milik Machfud Suroso. Sehingga komposisi pemegang saham PT Dutasari menjadi Machfud Suroso memiliki 3.859 lembar dan RoW memiliki 1.650 lembar. Tim kuasa hukum Anas maupun Athiyyah belum merespons konfirmasi dari Liputan6.com. (Ary/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini