Sukses

Jaksa Agung Rotasi Pejabat Eselon I dan II

Jaksa Agung Basrief Arief dikabarkan akan merotasi sejumlah pejabat Eselon II dan III di lingkungkan Korps Adyaksa.

Jaksa Agung Basrief Arief dikabarkan akan merotasi sejumlah pejabat Eselon II dan III di lingkungkan Korps Adyaksa. Kendati demikian, Basrief masih merahasiakan siapa sosok pengganti Wakil Jaksa Agung yang akan mendampingi tugasnya.

Salah satu pejabat eselon II yang saat ini kosong adalah Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta yang sebelumnya dijabat Didik Darmanto. Didik kini menjadi staf ahli Jaksa Agung bidang pengawasan.

Berdasarkan Informasi yang dihimpun Liputan6.com, beberapa pejabat eselon II yang dirotasi berdasarkan surat keputusan Jaksa Agung  nomor Kep-126/A/JA/08/2013. Penganti Didik Darmanto adalah Adi Toegarisman yang kini menjabat sebagai Direktur Penyidikan pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus.

Adi rencananya akan diganti Syafrudin yang sebelumnya menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah-Palu.

Selain Adi, 44 pejabat eselon II yang dirotasi adalah Babull Khoir yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Umum pada Jaksa Agung Muda Pidum (Jampidum) kini menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah di Semarang.

Sedangkan Arnold Angkaouw yang sebelumnya menjabat Kepala Kejati Jawa Tengah, akan menjadi Inspektur IV Jamwas di Kejaksaan Agung. Fitra Sany yang sebelumnya menjabat Inpektur IV Jamwas, menjabat Sekretaris Jamintel. Jhoni Ginting yang menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan, akan menjadi Direktur I pada Jamintel.

Sedangkan Mangihut Sinaga yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, kini menjadi Kepala Kejaksaan Tinggi NTT Kupang. Jabatan Mangihut akan diduduki Fadil Zumhana Harahap yang saat ini sebagai Koordinator Pidsus.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Setia Untung Arimuladi mengatakan waktu pelantikan pejabat eselon II dan III yang dirotosi hingga kini belum ditentukan waktunya.

"Untuk jadwal waktu serah terima dan pelantikan para pejabat tunggu waktunya saja," kata Untung di Gedung Kejagung Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Sedangkan pejabat eselon III terdapat 141 pejabat yang dirotasi berdasarkan keputusan Jaksaan Agung Basrief Arief dengan nomor Kep-IV-729/c/08/2013. Di antaranya Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Masyhudi, akan dirotasi sebagai Asisten Pidana Khusus pada Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Sedangkan penganti Masyhudi, yakni Teguh, saat ini menjabat Asisten Pidsus pada Kejati Lampung.

Kendati promosi jabatan di lingkungan kejaksaan, namun Basrief enggan mengeluarkan SK pejabat di eselon I.

Berdasar informasi yang dihimpun, dikabarkan Mahfud Manan akan menduduki Wakil Jaksa Agung pascapensiun Darmono. Manan telah dua kali menjabat ditingkat eselon I, yakni pernah menjabat Kepala Badan Diklat Kejagung, dan saat ini sebagai Jampidum.

"Bisa saja dia diangkat sebagai Waja (Wakil Jaksa Agung), karena dua kali eselon I dan lebih senior dari yang lain. Tapi semua tergantung Jaksa Agung yang mengusulkan ke Presiden," ujar sumber itu.

Sementara Jaksa Agung Muda Pengawasan pascapensiun dini Marwan Effendi dikabarkan akan diganti Dibyo Pramono yang saat ini menjabat staf ahli Pidana Umum. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini