Sukses

Tol Palimanan-Kanci Macet Total

Kemacetan di kawasan Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, sudah terjadi sejak semalam. Jumlah kendaraan yang melintas diperkirakan mencapai 29 ribu unit.

Liputan6.com, Cirebon: Ribuan kendaraan antre memasuki pintu tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Ahad (30/11). Ini membuat pengendara yang sebagian besar termasuk dalam gelombang arus balik terjebak macet. Para pengemudi hanya bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan lima sampai 10 kilometer per jam.

Kemacetan di kawasan Palimanan sudah terjadi sejak semalam. Ribuan kendaraan sudah antre sejak pertigaan Palimanan hingga pintu tol yang berjarak sekitar enam kilometer. Jumlah kendaraan yang melintas diperkirakan mencapai 29 ribu unit. Aktivitas pasar tumpah juga membuat kondisi jalan semakin macet. Polisi terpaksa mengalihkan kendaraan ke Kedaung, Karangampel, dan Jatibarang.

Di kawasan Pasar Gebang, Losari, Brebes, Jawa Tengah, juga terjadi kemacetan luar biasa. Kendaraan hanya bisa berjalan lima kilometer per jam. Sejumlah pemudik juga memadati Terminal Brebes. Mereka ingin kembali ke Jakarta. Diperkirakan arus mudik akan terjadi nanti malam.

Ribuan pemudik juga menumpuk di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Mereka berasal dari sejumlah kawasan di Lampung dan kota-kota lainnya di Sumatra. Hingga siang ini, para pemudik memenuhi empat loket di Pelabuhan Bakauheni. Mereka mengantre membeli tiket kapal roro (roll on roll off) dan kapal cepat. Data dari petugas pelabuhan menyebutkan, sejak semalam sudah 27 ribu penumpang yang menyeberang ke Jakarta. Jumlah ini diperkirakan akan terus melonjak hingga sore dan malam nanti. Petugas pelabuhan mengingatkan para pemudik untuk berhati-hati dan tidak menggunakan barang perhiasaan secara berlebihan.

Suasana di Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, juga dipadati ribuan calon penumpang kereta api. Para pemudik rata-rata berasal dari Banyuwangi, Kediri, Tulungagung, dan Madiun. Kepadatan penumpang juga terjadi di Stasiun Tulungagung. Mereka memenuhi kereta jurusan Jakarta dan Surabaya.

Terminal Malang dan Purbaya Surabaya juga dipenuhi calon penumpang bus. Mereka ingin kembali ke daerah asal, mengingat Senin besok aktivitas perkantoran dan sekolah sudah dimulai lagi. Jumlah bus yang terbatas membuat para penumpang berebut naik ke dalam bus. Sedangkan suasana di Terminal Bus Ubung Denpasar, Bali, masih terlihat normal. Lonjakan penumpang malah terlihat di Bandar Udara Ngurah Rai. Data di bandara menyebutkan, penumpang yang datang 3.995 orang dengan 56 jumlah penerbangan. Sedangkan penumpang pergi mencapai 7.007 orang dengan 58 penerbangan. Penerbangan ekstra diberlakukan untuk tujuan Jakarta dan Surabaya.

Di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, penumpang bus arus balik terus berdatangan. Puncak arus balik diperkirakan terjadi nanti malam, sekitar pukul 24.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.(ULF/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini