Sukses

Proyek Hambalang Bermasalah, DPR: Sayang Kalau Dihentikan

Solusi untuk melanjutkan pembangunan dapat dilanjutkan dengan rekayasa teknologi. Kendalanya, rekayasa teknologi membutuhkan dana Rp 100 M.

Panitia Kerja Hambalang belum memutuskan akan meneruskan atau tidak pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang di Bogor, Jawa Barat. Hal itu terjadi lantaran pembangunan sulit dilanjutkan karena banyak kendala.

"Struktur tanahnya apabila terkena air akan menjadi bubur sehingga tanahnya bergeser. Untuk itu kami minta Ditjen Cipta Karya telaah itu, dan memang betul seperti itu kenyataannya. Dan, kalau diteruskan pembangunannya akan bermasalah," ujar Ketua Panja Hambalang Agus Hermanto di gedung DPR Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Meski demikian, Agus mengaku sayang dengan proyek itu karena anggaran negara yang yang besar, akan sia-sia bila tidak dilanjutkan.

Solusi untuk melanjutkan pembangunan dapat dilanjutkan dengan rekayasa teknologi. Kendala yang muncul, rekayasa teknologi membutuhkan dana tidak sedikit, setidaknya dibutuhkan dana sekitar Rp 100 miliar.

"Ini estimasi teknis yang dilakukan Ditjen Cipta Karya. Kita baru menerima masukan dan dibahas di panja Hambalang. Jadi kita belum bertindak lebih jauh lagi karena kita belum mempunyai dasar untuk menentukan apa yang harus kita lakukan," jelas Ketua Komisi X DPR itu. (Mut/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.