Sukses

Ganjar Pranowo Resmi Jabat Gubernur Jawa Tengah

Mendagri Gamawan Fauzi meminta agar slogan "Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi" dapat direalisasikan Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko secara resmi dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Mereka akan menjadi orang nomor 1 dan 2 di Jawa Tengah hingga 2018.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di gedung DPRD provinsi setempat di Semarang, Jumat (23/8/2013). Ratusan tamu undangan hadir.

Prosesi pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jateng yang menjadi agenda rapat paripurna istimewa DPRD Jateng itu berjalan lancar dalam sekitar 25 menit.

Dalam sambutannya, Gamawan Fauzi meminta agar slogan "Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi" yang disampaikan pada saat kampanye oleh Ganjar dan Heru dapat direalisasikan.

"Perkuat agenda sinergis pembangunan secara nasional dalam kaitannya jabatan gubernur yang mempunyai peran ganda sebagai kepala daerah otonomi sekaligus wakil pemerintah pusat di daerah, maka menjadi tugas saudara untuk mengkoordinasikan dan menjamin sinergitas kebijakan pembangunan kabupaten/kota se-Jateng," kata Mendagri.

Langkah Ganjar-Heru hingga 5 tahun ke depan, kata Mendagri, tidak terlepas dari apa yang telah dicapai dalam kepemimpinan gubernur periode sebelumnya.

"Jadikanlah bulan ini sebagai penanda kemenangan saudara. Kemenangan seluruh rakyat Jateng tanpa membeda-bedakan afiliasi politik dan asal usul golongan," ujar Mendagri.

Mendagri juga meminta Ganjar-Heru bersungguh-sungguh mengentaskan kemiskinan, memberantas buta aksara yang masih tinggi, serta memperluas akses setiap jenjang pendidikan dan fasilitas kesehatan demi kemakmuran rakyat Jateng secara keseluruhan.

"Saya yakin bahwa kombinasi gubernur dan wakil gubernur terpilih sebagai tokoh yang berpengalaman di tingkat nasional dan daerah. Sinergi ini diharapkan mampu membawa Provinsi Jateng untuk lebih maju di masa mendatang," kata Mendagri.

Usai dilantik, Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko menerima ucapan selamat secara terbatas dari Mendagri beserta istri, anggota Komisi II DPR RI, dan forum koordinasi pimpinan Provinsi Jateng.

Upacara pelantikan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo serta tokoh nasional seperti Puan Maharani, Ketua DPD RI Irman Gusman, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Kalimantan Tengah Teras Narang, dan Gubernur Kalimantan Barat Cornelis. (Ant/Ary/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.