Sukses

Saksi: Fathanah Incar Proyek Rp 5 M di Kementerian PDT

Di Kementerian yang dipimpin oleh Helmi Faisal tersebut, Fathanah mengincar proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Saksi kasus suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian, Elda Daviane Adhiningrat mengungkapkan, Ahmad Fathanah juga pernah berusaha mendapatkan proyek di Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal.

Menurut Elda, di Kementerian yang dipimpin oleh Helmi Faisal tersebut, Fathanah mengincar proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

"Di (Fathanah) minta dicarikan jalan kalau ada program atau proyek di PDT," ungkap Elda saat bersaksi untuk Ahmad Fathanah yang duduk sebagai terdakwa suap impor daging sapi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (23/8/2013).

Fathanah meminta hal tersebut ke Elda lantaran mantan Ketua Umum Asosiasi Perbenihan Indonesia tersebut diketahui memiliki jaringan di Kementerian itu. "Nilai investasi (terdakwa) Rp 5 miliar. Saya tidak tahu uangnya dari mana," ujar Elda.

Fathanah didakwa karena menerima suap dari PT Indoguna Utama Rp 1 miliar. Uang itu disebut akan diserahkan kepada koleganya, Luthfi Hasan yang saat itu menjabat anggota DPR. Dalam kasus ini, Luthfi Hasan pun sudah menjadi terdakwa.

Tak hanya kasus suap, Fathanah dan Luthfi Hasan tak hanya didakwa menerima suap. Keduanya juga dijerat dengan UU Tindak Pidana Pencucian Uang. (Ary/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini