Sukses

Fathanah Jadi Penerjemah Suswono Saat Ada Tamu dari Timteng

Suswono menjadikan Fathanah sebagai penerjemah bahasa Arab saat kementeriannya kedatangan investor dari Timur Tengah.

Menteri Pertanian Suswono akhirnya mengakui pernah menggunakan jasa Ahmad Fathanah dalam sebuah kesempatan. Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menjadikan Fathanah sebagai penerjemah bahasa Arab saat kementeriannya kedatangan investor dari Timur Tengah.

"Saat itu ada investor dari Timur Tengah. Dia (Fathanah) sebagai penerjemah," ujar Menteri Suswono saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Awalnya, saat kedatangan investor dari Timur Tengah, Suswono meminta kepada mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq agar dikirimkan seorang penerjamah ke kantornya. Namun, ia juga tak menyangka jika yang diutus adalah Fathanah.

"Kemudian yang diutus (Luthfi Hasan) adalah terdakwa (Fathanah)," ujar Suswono sambil menunjuk ke arah Fathanah yang duduk di kursi terdakwa.

Fathanah didakwa karena menerima suap dari PT Indoguna Utama Rp 1 miliar. Uang itu disebut akan diserahkan kepada koleganya, Luthfi Hasan yang saat itu menjabat anggota DPR. Dalam kasus ini, Luthfi Hasan pun sudah menjadi terdakwa.

Tak hanya kasus suap, Fathanah dan Luthfi Hasan tak hanya didakwa menerima suap. Keduanya juga dijerat dengan UU Tindak Pidana Pencucian Uang. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini