Sukses

Ke Taman Impian Jaya Ancol Saja...

Taman Impian Jaya Ancol menjadi salah satu tujuan wisata warga Jakarta dan sekitarnya selama libur Lebaran. Banyak tujuan di Ancol yang bisa didatangi pelancong, seperti pantai dan Dunia Fantasi.

Liputan6.com, Jakarta: Lebaran, bagi warga Jakarta yang tidak mudik, mempunyai cerita tersendiri. Seperti halnya yang mudik, mereka yang tidak pulang kampung dan tetap berada di Ibu Kota pun punya cara untuk jalan bersama anggota keluarga. Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, menjadi salah satu tujuan rekreasi warga Ibu Kota, selain Kebun Binatang Ragunan di Jakarta Selatan dan Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta Timur. Tak hanya dari Jakarta, beberapa pengunjung ternyata datang dari luar kota, seperti Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Wajar kiranya jika Ancol dipadati pengunjung saat pekan Lebaran. Soalnya, banyak tujuan di kawasan pinggir laut Jakarta itu yang bisa didatangi pelancong. Sebut saja gelanggang renang, pantai, pertunjukan lumba-lumba, Dunia Fantasi, Pasar Seni Ancol, hingga penginapan seperti Putri Duyung Cottage.

Menurut Direktur Rekreasi Taman Impian Jaya Ancol, S. Sudiro Pramono, untuk Lebaran kali ini, pihaknya membuat satu paket khusus yang berlangsung hingga 7 Desember 2003. Pengunjung diasumsikan akan menyebar ke berbagai tempat pertunjukan di seantero Ancol. Sebab, di masing-masing tempat rekreasi di Ancol, pengelola menggelar acara sendiri-sendiri.

Untuk menarik perhatian pengunjung pun, Sudiro menambahkan, pengelola menyiasati dengan berbagai acara di panggung hiburan. Dari menonton secara gratis pergelaran orkes dangdut hingga menikmati pertunjukan musik yang menampilkan kelompok Koes Plus. Sementara inovasi terbaru yang ada di Taman Impian Jaya Ancol adalah Cable Car yang menurut rencana siap beroperasi 7 Desember 2003. Pada akhir Desember mendatang, pengunjung Dufan juga bisa menikmati fasilitas Perang Bintang yang bertema misi penyelamatan Planet Mars dari serangan makhluk asing pada tahun 2000.

Dia menambahkan, lonjakan pengunjung biasanya terjadi pada hari kedua Lebaran. "Kita akan mencoba lebih banyak menyebar area pertunjukan sehingga pada waktu pengunjung banyak, tidak terlalu menumpuk," kata Sudiro.

Pada hari kedua Lebaran itu, pengunjung yang datang, baik yang berkendaraan pribadi maupun yang berjalan kaki, mencapai 200 ribu orang. Kemacetan yang diduga berlangsung di pintu masuk ternyata tak terjadi. Sebab, pengelola sudah mengantisipasi jauh-jauh hari, seperti dengan menambah jumlah pintu masuk. Kendaraan merayap justru terjadi di dalam areal Taman Impian Jaya Ancol. "Kami bekerja sama dengan kepolisian kemudian dari Dinas Tata Tertib DKI dan beberapa instansi lain untuk menjaga keamanan di lingkungan Ancol dan lalu lintasnya. Dikerahkan kurang lebih 800 sampai seribu personel," ungkap Sudiro. Sudiro menargetkan jumlah pengunjung yang datang ke Ancol selama pekan Lebaran sebanyak satu juta orang.(SID/Tim Usaha Anda)

PT TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL
Kantor Pasar Seni Acol
Telepon: (021) 681-511/12
Hand Phone: 0816-191-1442

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.