Sukses

Hayono Isman: Komite Konvensi Memang Perlu Dikritik

Hayono menilai pandangan Marzuki Alie kepada Komite Konvensi dinilai baik.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman mengaku mendukung kritik yang diberikan Ketua DPR Marzuki Alie terhadap Komite Konvensi Partai Demokrat (PD) terkait penyebarluasan nama-nama kandidat calon peserta konvensi PD.

Hayono yang juga anggota Komisi I DPR ini menilai setiap calon peserta konvensi PD berhak memiliki pandangan tersendiri terhadap sikap dan cara kerja Komite Konvensi. Karena itu, ia menilai pandangan Marzuki Alie yang juga siap mengikuti konvensi capres tersebut kepada Komite Konvensi dinilai baik.

"Saya percaya komite akan terbuka menerima kritikan itu," kata Hayono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Hayono menjelaskan kritikan itu perlu diberikan sehingga dalam menjalankan konvensi bisa mendapatkan perbaikan dalam pelaksanaannya. Kritikan itu dipandang perlu lantaran konvensi baru pertama kali digelar partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

"Jadi, bukan mustahil akan ada salah pengertian, persepsi, sehingga ini perlu saling tukar pikiran, kritik, termasuk di Komite Konvensi untuk menjalankan konvensi," tegas Hayono.

Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie sebelumnya mengritik keras Komite Konvensi yang lebih banyak berbicara tentang para calon peserta konvensi ketimbang kriteria konvensi. Dengan kondisi seperti ini, makna konvensi menurutnya menjadi terdegradasi. Konvensi itu dimaksudkan untuk menyaring para calon pemimpin yang memiliki kriteria yang tepat agar menjadi pemimpin bangsa.

"Saya hanya mau merespons masukan dari publik mengenai konvensi. Saya melihat banyak sekali kritik terkait konvensi dari berbagai pihak seperti media, pengamat dan sebagainya. Sikap yang mengumbar para calon peserta daripada kriteria calon-calon yang bisa ikut serta justru telah mendegradasi makna dan tujuan konvensi itu sendiri," ujar Marzuki kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 21 Agustus. (Ali/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.