Sukses

Anis Matta, Fahri Hamzah, Suswono Satu Mobil dengan Fathanah

Suswono menyangkal, Fathanah merupakan salah satu kader PKS dan tak tahu mengenai hubungan terdakwa dengan Luthfi Hasan Ishaaq.

Menteri Pertanian, Suswono mengaku tidak terlalu mengenal terdakwa kasus dugaan suap impor daging sapi Ahmad Fathanah. Padahal, Fathanah selama ini dikenal sebagai orang dekat mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq.

Diceritakan Suswono perkenalannya dengan Fathanah terjadi ketika dirinya berkunjung Makasar pada 2012. Saat itu dia memenuhi undangan makan pagi Walikota Makassar.

Saat itu, dia juga bersama dengan politisi PKS lainnya, Anis Matta dan Fahri Hamzah. Mereka berada dalam 1 mobil hendak menuju kediaman Walikota Makassar.

"Namun, tiba-tiba dia (Fathanah) masuk dan bergabung di dalam mobil. Saya juga agak kaget, sok akrab seperti sudah mengenal saya. Waktu itu dia namanya Olong," ujar Suswono saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (22/8/2013).

Suswono juga menyangkal, Fathanah merupakan salah satu kader PKS dan tak tahu mengenai hubungan terdakwa dengan Luthfi Hasan Ishaaq. Tetapi, pada kesempatan itu Suswono mengaku, tidak hanya sekali bertemu dengan Fathanah. Pada saat di Medan dirinya juga pernah melihat Fathanah.

Mendengar kesaksian Suswono, Fathanah yang saat itu duduk di kursi terdakwa hanya tersenyum. Dan sesekali ia tertunduk seakan menyimak secara serius kesaksian Suswono.

Sebelumnya, dalam surat dakwaan jaksa disebutkan bahwa Suswono dan Ahmad Fathanah bertemu di Hotel Aryadutha, Medan, Sumatra Utara pada 11 Januari 2012, sekitar jam 06.00 pagi. Dalam pertemuan tersebut hadir pula pemilik PT Indoguna Maria Elizabeth Liman yang belakangan diketahui berdiskusi mengenai data krisis daging. Pertemuan itu juga dihadiri Luthfi Hasan Ishaaq dan Suwarso. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini