[VIDEO] Eksekusi Lahan untuk Jalan Tol di Jombang Ricuh

on

Puluhan petani di Jombang, Jawa Timur, tak berkutik menghadapi ratusan polisi dan anggota TNI saat mempertahankan sawah mereka yang akan dieksekusi menjadi jalan tol. Seorang warga hanya bisa memohon agar tanaman padinya tidak diganggu saat petugas dari pengadilan hendak mengeksekusi lahan warga di Desa Sumber Rejo, Jombang.

Sejak awal mereka sudah keberatan lahan sawah hanya dihargai Rp 50 ribu hingga Rp 70 ribu per meter per segi atau lebih rendah dari harga pasar yang sudah di atas Rp 100 ribu. Namun, pemerintah tak mau peduli. Alasannya, lahan itu untuk kepentingan jalan Tol Mojokerto-Kertosono.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Rabu (21/8/2013) malam, polisi dan tentara yang dikerahkan langsung mengambil satu per satu warga yang menolak eksekusi. Bahkan, mereka yang sedang berada di tengah sawah pun tak luput dari target untuk dibawa ke kantor polisi.

Cara intimidasi seperti ini patut disayangkan. Apalagi peringatan Hari Kemerdekaan ke-68 RI belum sepekan berlalu. Di usia 68 tahun Kemerdekaan, pemerintah sudah sepatutnya mempertimbangkan kepentingan rakyat, termasuk demi pembangunan sekalipun. (Ado)

Credit Ado

Suka artikel ini?

0 Comments