Sukses

Mekanisme Dianggap Ngawur, Marzuki Urung Ikut Konvensi?

Marzuki Alie akan mempertimbangkan kembali niat ikut serta dalam konvensi capres PD cara kerja komite yang dia nilai tidak benar.

Ketua DPR Marzuki Alie kini tengah menghadapi dilema tentang niatannya untuk ikut menjadi peserta Konvensi Capres Partai Demokrat. Menurut dia, mekanisme cara penjaringan calon peserta tak lagi sesuai dengan makna konvensi.

"Kalau begini terus, saya mempertimbangkan kembali untuk ikut konvensi. Buat apa bertarung dengan orang-orang yang nggak jelas," kata Marzuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Marzuki menilai, cara kerja Komite Konvensi justru mendegradasi makna konvensi karena kriteria umum dan kriteria khusus atas calon yang bisa menjadi peserta konvensi belum disampaikan kepada publik, tetapi sudah membahas nama-nama calon.

Sebaiknya, lanjut Marzuki, Komite Konvensi terlebih dahulu menetapkan dan mengumumkan kriteria umum dan khusus bagi calon, yang akan mengikuti konvensi, sehingga publik mendapatkan gambaran yang jelas tentang manfaat konvensi.

"Kalau kriterianya ketat dan persyaratan-persyaratan yang terukur itu tetap banyak calonnya, ya buka saja ke publik, tetapi jangan di awal-awal sudah menyebutkan banyak nama calon sebelum menetapkan kriteria," kata Marzuki.

Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu mengingatkan nama-nama calon peserta konvensi yang dihasilkan harus mendapat persetujuan Majelis Tinggi yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono. "SBY tentu saja menginginkan calon yang benar-benar mampu menyelesaikan persoalan bangsa ke depan," kata dia.

Konvensi calon presiden, katanya, bukan main-main atau sekadar meningkatkan citra Partai Demokrat. "Harus benar-benar bisa mencari dan mendapatkan calon presiden untuk memimpin bangsa besar ini," kata Marzuki. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini