Sukses

Polisi Masih Memburu 45 Napi Lapas Labuhan Ruku

Sebanyak 45 napi yang kabur dari Lapas Labuhan Ruku, Sumut, hingga kini masih dikejar kepolisian.

Kerusuhan dan kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Labuhan Ruku, Batubara, Sumatera Utara, berujung pada kaburnya 84 orang narapidana. Hingga kini sudah 36 orang yang ditangkap dan 3 orang menyerahkan diri.

"Sampai Selasa siang masih dikejar dengan tim dari polres dan Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 45 orang. Diharapkan yang 45 ini segera menyerahkan diri," kata Kabag Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol Agus Rianto, di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Sementara itu, sebanyak 442 dari 886 orang napi telah direlokasi ke 13 lapas yang ada di Sumatera Utara. "Jumlahnya bervariasi, sesuai dengan kapasitas di tempat tersebut," ungkapnya.

Sedangkan 340 napi saat ini masih berada di Lapas Labuhan Ruku yang kondisinya dikabarkan terbakar 75 hingga 80 persen itu. "Personel yang masih mengamankan di sekitar (lapas) Labuhan Ruku lebih dari 300 orang dari TNI-Polri. Juga dari Kemenkum HAM, yaitu dari pihak lapas sendiri," ujarnya.

Mengenai penyebab kerusuhan, polisi mengatakan masih menelusurinya. Agus mengatakan tentunya dari fakta awal yang ada akan terus dikembangkan. "Itu dari fakta yang dimiliki Kemenkum HAM dan pihak lapas. Masih terus koordinasi dengan lapas itu," ujarnya.

Agus juga mengungkapkan, napi yang ditahan di Labuhan Ruku selama ini berasal dari banyak latar belakang kasus. "Tapi di sana tidak ada yang terlibat teror," ungkap Agus. (Ado/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini