Sukses

350 Rumah di Bantaran Waduk Riario Ditertibkan Akhir Agustus

Ahok mengungkapkan akhir Agustus ini penertiban 350 rumah di bantaran waduk Riario akan dilaksanakan.

Taman sisi Barat Waduk Pluit telah diresmikan, begitu juga dengan waduk yang terus dikeruk. Satu demi satu perbaikan dilakukan di kawasan waduk yang terletak di Jakarta Utara itu. Melihat perkembangan normalisasi Waduk Pluit, Pemprov DKI pun beralih ke Waduk Riario, Pulogadung, Jakarta Timur.

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan akhir Agustus ini penertiban 350 rumah yang berada di bantaran waduk akan dilaksanakan. Hal itu berdasarkan instruksi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo agar Waduk Riario segera dibersihkan. Untuk itu, Ahok pun mengadakan pertemuan dengan PT Jakarta Propertindo yang akan menggarap sisi selatan waduk yakni Kapolres Jakarta Timur dan Dandim, serta Pulomas Jaya dan Dinas Perumahan.

"Jadi mereka sepakat tidak mau setengah-setengah. Maunya 350 rumah itu bongkar habis. Mungkin akhir bulan ini kita mau bongkar," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Menurut dia, sesuai arahan Jokowi, para warga yang rumahnya digusur harus disediakan tempat tinggal. Namun, karena rumah susun di sekitar daerah itu masih dalam perbaikan dan memakan waktu sekitar 2 bulan, Pemprov DKI pun akan memberikan tempat tinggal sementara pada warga, sambil menunggu relokasi ke rusun.

"Yang pasti kita nggak ada lagi uang kerohiman. Terus kalau rumah yang sudah punya sertifikat akan kita ganti. Ada 3 atau berapa gitu. Kalo nggak salah. Mereka mau diganti," kata suami Veronica Tan itu.

Ia juga tidak menampik adanya kemungkinan para warga di waduk Riario akan melakukan perlawanan, maka dari itu Pemprov DKI bekerja sama dengan Polres Jakarta Timur untuk keamanan.

"Mungkin mirip-mirip (warga Waduk Pluit). Hehehe. Kita kasih keamanan deh. Polisi deh," ujar Ahok.

Permbangunan waduk Riario akan dilaksanakan oleh 4 instansi, yaitu Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI bertanggung jawab pada sisi barat, timur, dan utara waduk. Sedangkan sisi Selatan di bawah tanggung jawab Jakpro. Untuk pengerukan waduk akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. (Alv/Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.