Sukses

Mesir Bergejolak, Menkopolhukam: Evakuasi WNI

Pemerintah akan mengevakuasi Warga Negara Indonesia yang berada di Mesir.

Kondisi keamanan di Mesir kian memburuk. Pemerintah pun bergerak untuk mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Mesir.

"Antisipasi dinamika di Mesir, pemerintah RI sedang mempersiapkan evakuasi WNI di Mesir," kata Menkopolhukam Djoko Suyanto kepada Liputan6.com, Selasa (20/8/2013).

Djoko menegaskan saat ini Dubes RI yang berada di Mesir sedang mendata WNI. "Kami membuat prioritas tahapan WNI yang akan dievakuasi," terangnya.

Kekerasan di Mesir melibatkan 2 kubu, militer dan Ikhwanul Muslimin yang mendukung Presiden terguling Mohammed Morsi. Terakhir, Panglima militer Mesir Jenderal Abdul Fattah al-Sisi menyampaikan pesan kepada massa Ikhwanul Muslimin. Isinya, Mesir milik semua.

Pernyataan ini merupakan pesan ajakan damai dari al-Sisi kepada Ikhwanul Muslimin. Ia meminta agar pendukung Morsi ikut membantu membangun kembali demokrasi yang telah terkikis dan bersatu melalui proses politik.

Menurut dia, militer tidak bisa mengabaikan aspirasi jutaan orang yang menuntut pengunduran diri Morsi yang terpilih secara demokratis. Namun militer juga tidak akan membiarkan kekerasan lebih lanjut terjadi. "Kami tidak akan diam melihat negara ini semakin hancur. Sementara teror terus menerpa rakyat," jelas al-Sisi.

Kelompok Ikhwanul Muslimin setiap hari menyerukan demonstrasi sejak pasukan keamanan melancarkan operasi pembersihan basis mereka di Kairo pada 14 Agustus 2013 lalu. Hingga kemudian mengumumkan keadaan darurat selama 1 bulan. (Alv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini