Sukses

[VIDEO] Tradisi Ngagogo, Tangkap Ikan Pakai Tangan Kosong

Ratusan warga laki-laki perempuan, tua-muda, laki-laki perempuan masuk ke kolam ikan berlumpur.

Hampir setiap daerah di Tanah Air mempunyai tradisi yang memelihara kebersamaan. Seperti di Sumedang, Jawa Barat, ada acara ngagogo, yakni tradisi menangkap ikan dengan menggunakan tangan kosong. Tradisi ini melibatkan warga sekampung.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (20/8/2013), terlihat bagaimana warga Tanjungsari, Sumedang, melakukan tradisi ngagogo. Ratusan warga laki-laki perempuan, tua-muda, laki-laki perempuan masuk ke kolam ikan berlumpur.

Dengan tangan kosong, mereka berusaha menangkap ikan. Suasana semakin riuh saat ada warga yang jatuh ke lumpur atau ikan yang sudah ditangkap terlepas lagi.

Ngagogo merupakan tradisi masyarakat Jawa Barat yang biasa digelar untuk merayakan acara-acara besar seperti 17 Agustus hingga hari pernikahan. Tradisi ini sudah berlangsung turun temurun dan memelihara kebersamaan di masyarakat. (Riz/Ism)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini