Sukses

[VIDEO] Keluarga Napi Lapas Labuhan Dilarang Jenguk

Meski situasi di Lapas Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumut, sudah kondusif, anggota keluarga napi tetap tidak dibolehkan menjenguk.

Meski situasi di Lapas Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, sudah kondusif, anggota keluarga narapidana tetap tidak dibolehkan menjenguk. Sementara ratusan napi penghuni lapas yang tebakar ini Senin 19 Agustus malam, akan dipindah ke beberapa lapas terdekat.

Sejumlah anggota keluara narapidana penghuni Lapas Labuhan Ruku tampak kecewa. Dalam Liputan 6 SCTV, Selasa (20/8/2013), petugas keamanan melarang mereka masuk untuk menengok anggota keluarganya yang ditahan, pascapembakaran lapas. Mereka juga bingung karena tidak dijelaskan alasan melarang. Apalagi kondisi di lapas sudah mulai kondusif.

Hingga Senin petang, sebagian besar napi masih ditempatkan di ruang dapur dan musala. Hanya ruangan ini yang masih utuh. Pemindahan para napi dilakukan pada Senin malam ke beberapa lapas, namun sifatnya titipan sementara. Ratusan napi akan kembali lagi jika Lapas Labuhan Ruku sudah diperbaiki.

Sementara berbeda dengan sejumlah napi wanita yang sudah lebih dahulu dievakuasi oleh petugas. Mereka dievakuasi ke lapas yang ada di Pematang Siantar.

Dari Jakarta, Wakil Menkumham Denny Indrayana menduga, kerusuhan beruntun yang terjadi di lapas karena pemerintah terlalu gencar melakukan pembenahan, sehingga ada pihak yang merasa tidak nyaman.

Polisi memburu sejumlah napi yang kabur. Seorang napi bernama Irwan ditangkap petugas Polres Deli Serdang saat hendak melarikan diri dengan menumpang bus ke arah Kota Medan. Dari 30 napi yang kabur, belasan orang sudah diamankan. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini