Sukses

Pembacaan Teks Proklamasi RI Terdengar di Laut Mediterania

Prajurit KRI Diponegoro-365 sekaligus sebagai Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-E UNIFIL 2013 memperingati HUT RI ke-68.

Citizen6, Lebanon: Prajurit KRI Diponegoro-365 sekaligus sebagai Satgas Maritim TNI Konga XXVIII-E UNIFIL 2013 memperingati Hari Ulang Tahun kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ke-68 di geladak heli KRI Diponegoro. HUT kemerdekaan NKRI tersebut diperingati dengan upacara militer dengan Inspektur Upacara Komandan KRI Diponegoro Letkol Laut (P) Hersan, serta sebagai Komandan Upacara dijabat oleh Pilot heli NV-409 Kapten Laut (P) Rai Terianom.

Upacara dilaksanakan di tengah pelaksanaan tugas sebagai peacekeeper di daerah operasi Laut Mediterania Lebanon, Sabtu 17 Agustus 2013. Pada upacara militer 17 Agustus tersebut Kepala Staf Umum TNI Marsekal Madya TNI Boy Syahril Qamar, dalam amanatnya mengajak prajurit berkaca, bercermin diri untuk melakukan koreksi. Apa yang telah dilakukan selama 68 tahun kemerdekaan dan apa yang akan dikerjakan untuk menyongsong masa depan.

"Ada tiga pokok pikiran dalam menyongsong masa depan, yakni perihal keberlanjutan atau kesinambungan, perihal peningkatan kesejahteraan rakyat dan perihal ketahanan nasional dalam rangka menghadapi tantangan global dengan segala isu dan dinamika yang dibawahnya," demikian lanjutan amanat Kasum TNI yang dibacakan oleh Inspektur Upacara.

Kasum TNI juga menyampaikan pesan dari Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, tentang perlunya peningkatan disiplin, militansi, semangat nasionalisme dan patriotisme sebagai bangsa. Selesai melaksanakan upacara kemerdekaan RI, pada pukul 10.00 waktu setempat dilaksanakan peringatan detik-detik proklamasi. Saat itu diperdengarkan pembacaan teks proklamasi oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno melalui siaran umum kapal dilanjutkan dengan pemutaran lagu-lagu perjuangan.

Rangkaian kegiatan peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-68 di KRI Diponegoro-365 dilaksanakan dengan penuh khidmat oleh seluruh prajurit. (Dispenarmatim/YSH)

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.