Sukses

Ruhut Belum Dipastikan Jadi Ketua Komisi III

Untuk penggantian Ketua Komisi III DPR, dari Gede Pasek Suardika memang akan dilakukan.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf menilai rotasi komisi, maupun penggantian ketua komisi merupakan hal yang lumrah dilakukan. Hal itu dilakukan untuk penyegaran.

Untuk penggantian Ketua Komisi III DPR, dari Gede Pasek Suardika memang akan dilakukan. Namun, menurutnya, sampai saat ini belum ada pembicaraan secara eksplisit di fraksi.

"Memang ada rencana perubahan (penggantian Ketua Komisi), tapi belum secara eksplisit dibicarakan. Artinya belum ada sampai saat ini pembicaraan penggantian pimpinan-pimpinan komisi," kata Nurhayati di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2013).

Sehingga, dia belum menegaskan apakah benar, Ruhut Sitompul akan menggantikan Gede di kursi ketua komisi III. "Saya jelaskan. Setiap anggota punya hak, punya potensi. Dan kapasitas menjadi pimpinan, tapi sejauh itu diputuskan oleh DPP Partai Demokrat," kata Nurhayati.

Menurutnya, hal itu dilakukan memang sesuai dengan mekanisme yang ada, baik di DPR maupun di DPP partai. Namun, pergantian ketua komisi III memang belum ada.

"Kenapa belum ada? Kemarin agenda kita sangat padat jadi cenderung kita melaksananakan tugas sebagai anggota Dewan daripada mengurusi partai dahulu," ujar dia. Sehingga dalam masa sidang pendek, kata Nurhayati, tidak ada rotasi. Hal itu, kata Nurhayati, adalah wajar. (Ism/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.