Sukses

Pasukan di Aceh Ditarik untuk Pemilu 2004

Sebanyak 32 ribu pasukan TNI AD yang bertugas di Nanggroe Aceh Darussalam akan ditarik untuk mengamankan Pemilu 2004. Sepuluh Yon Raider bakal menggantikan pasukan itu di Aceh.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 32 ribu pasukan TNI Angkatan Darat yang bertugas di Nanggroe Aceh Darussalam akan ditarik untuk mengamankan Pemilihan Umum 2004. Sepuluh batalyon pasukan Raider yang sudah dipersiapkan dalam sembilan bulan ini bakal menggantikan pasukan yang kembali dari Aceh. "Pengamanan Pemilu kan perlu," kata Kepala Staf TNI AD Jenderal Ryamizard Ryacudu kepada pers di Jakarta, Jumat (21/11) malam.

Dilihat dari jumlah, pasukan Raider memang lebih kecil. Namun, kemampuan satu batalyon pasukan Raider setara dengan tiga yon pasukan infanteri [baca: Pasukan Raider Kodam Tanjungpura Bersiap ke Aceh]. Pasukan khusus dengan kemampuan tiga kali lebih dari tentara biasa ini memang akan ditempatkan di daerah rawan. Artinya, pasukan ini siap ditarik ke tempat lain jika perlu.(TNA/Imelda Sari dan Dwi Nindyas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.