Sukses

PNS Mau Naik Pangkat? Ahok: Buat Karya Ilmiah Dulu!

Apabila proposal yang mereka ajukan cukup baik dan menarik, itu bisa menjadi salah satu acuan untuk pegawai golongan IV B naik pangkat.

Berbagai cara dilakukan Pemprov DKI guna mendapatkan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang berkualitas. Seleksi dan promosi jabatan terbuka untuk lurah dan camat telah dilakukan, begitu juga untuk para kepala sekolah dan kepala puskesmas yang sedang digodok.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan Pemprov sedang merencanakan metode baru untuk menemukan bibit unggul dalam jajarannya. Salah satunya membuat kebijakan agar para PNS golongan IV B membuat suatu proposal mengenai visi misinya jika menduduki jabatan tertentu.

"Kita berpikir, di DKI ini kan banyak golongan IV B. Tapi kita nggak bisa tau semua kinerja mereka. Nah, dia harus buat tulisan semacam karya ilmiah atau proposal. Seperti 'Seandainya Saya Menjadi Kepala Dinas atau Biro atau Asdep'. Itu salah satu penilaian," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Senin (19/8/2013).

Apabila proposal yang mereka ajukan cukup baik dan menarik, itu bisa menjadi salah satu acuan untuk pegawai golongan IV B naik pangkat. Namun, Ahok menegaskan penilaian tidak hanya dilihat dari proposal tersebut tetapi juga akan dilakukan tes-tes lainnya.

Sehingga sampai saat ini, dirinya dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI sedang membuat rancangan mekanisme pengujian PNS tersebut. Dengan begitu, ia berharap orang-orang yang menduduki jabatan seperti kadis, sekda, deputi, atapun walikota di Jakarta merupakan figur yang benar-benar kompeten.

"Banyak IV B kan kita tidak tau. Aku lagi rancang sama pak kepala BKD, Pak Made," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Ketika dikonfirmasi perihal itu, Kepala BKD DKI I Made Karmayoga mengakui ide tersebut sebagai salah satu cara agar pejabat di DKI adalah sosok yang tidak diragukan lagi kapasitasnya. Kebijakan itu juga dalam rangka kaderisasi dan promosi dalam kalangan Pemprov DKI. Namun, saat ini masih sebatas ide dan perlu berbagai penyempurnaan.

"Ini baru idenya Bapak. Masih kita rumuskan. Boleh dikatakan proposal. Sebenarnya untuk tes sudah kita lakukan beberapa. Tapi tentu perlu penyempurnaan. Tidak hanya golongan IV B nanti. Semua golongan juga butuh cara. Akan berjenjang. Yang jelas itu secara struktural," jelas Made. (Ary/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi