Sukses

Setya Novanto Penuhi Panggilan KPK untuk Kasus Rusli Zainal

Kedatangan Setya Novanto sempat tidak diketahui. Setya diketahui bakal diperiksa sebagai saksi Rusli saat sudah berada di ruang steril KPK.

Bendahara Umum Partai Golkar Setya Novanto diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemeriksaan Ketua Fraksi Golkar itu terkait penyidikan kasus dugaan korupsi revisi pembahasan Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2010 tentang pembangunan venue lapangan tembak Pekan Olahraga Nasional XVII.

Setya akan diperiksa sebagai saksi Gubernur Riau non-aktif, Rusli Zainal. Rusli yang juga tersangka kasus ini diduga menerima suap dan melakukan suap di proyek pembangunan lapangan tembak.

"Dia jadi saksi untuk Pak Rusli Zainal," kata pengacara Partai Golkar, Rudi Alfonso di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (19/8/2013). Kedatangan Setya Novanto sempat tidak diketahui. Setya diketahui bakal diperiksa sebagai saksi Rusli ketika sudah berada di ruang steril komisi anti-korupsi.

Rusli diduga menerima suap yang diberikan konsorsium pembangunan stadion lapangan menembak, PT Adhi Karya sebesar Rp 500 juta. Rusli juga diduga menyuap anggota DPRD Provinsi Riau guna memuluskan pembahasan Perda Nomor 6 Tahun 2010 terkait pembangunan venue lapangan tembak PON tahun 2012 di Riau.

Rusli Zainal turut dijerat kasus korupsi soal izin pemanfaatan hutan Pelalawan, Riau, 2001-2006. Kasus ini berawal dari kasus kehutanan Pelalawan yaitu pada dispensasi Rencana Kerja Tahunan (RKT) kepada 12 perusahaan di Riau. (Ism/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini