Sukses

Napi Kuasai Lapas Labuhan Ruku, 2 Petugas Lapas `Disandera`

Ratusan narapidana masih menguasai Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

Ratusan narapidana masih menguasai Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Labuhan Ruku, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Hingga Minggu (18/8/2013) malam, 2 petugas lapas dikabarkan berada di dalam lapas 'disandera' para napi.

"Sampai saat ini masih ada 2 orang petugas di dalam blok, belum dapat diketahui keadaannya," ungkap Kepala Humas Ditjen Pas Kemenkum dan HAM Akbar Hadi kepada Liputan6.com.

Akbar mengungkap, kerusuhan di lapas itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Para warga binaan spontan menerobos pos pengamanan dan melakukan penyerangan terhadap petugas, serta melakukan pembakaran ruang KPLP dan ruang registrasi.

"Beberapa penghuni melarikan diri dengan melompat pagar tembok Lapas. Namun belum diketahui jumlah pasti yang melarikan diri. Saat itu petugas jaga berjumlah 6 orang dan ada bantuan keamanan dari polres 2 orang," bebernya.

Terkait jumlah korban jiwa atas insiden itu, Akbar mengaku belum mendapat informasi. "Info terakhir kondisi Lapas Labuhan Ruku, seluruh gedung perkantoran terbakar, demikian juga dapur. Sedangkan blok C saat ini masih terbakar, mobil Damkar kesulitan menjangkau ke lokasi blok C," ungkap Akbar. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini