Sukses

Ahok: Kita Ingin Made in Jakarta, Bukan Made in China

Karena itu, ia pun meminta Kepala Dinas Pariwisata, Arie Budiman, menganggarkan dana untuk para pemuda kreatif untuk mendukung hal tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginginkan agar produk-produk kreatif seperti suvenir DKI Jakarta dibuat oleh orang asli Jakarta. Karena dibandingkan suvenir di negara atau kota lain, banyak yang berdesain daerah namun ternyata produksi China, made in China.

"Ketika ingin promosi Jakarta Baru, banyak orang bingung ke Jakarta mau beli apa.  Kalau ke luar negeri, souvenir-souvenir yang kecil-kecil di desain unik oleh negaranya, tapi bedanya ada tulisan made in China. Kita ingin desain dari kita, made in pun made in Jakarta," kata pria dengan sapaan Ahok itu pada penutupan Jakarta Souvenir Design Kreatif (JSDA) di Senayan City, Minggu (18/8/2013).

Ia juga ingin agar para generasi muda kreatif di Jakarta diberikan dukungan Pemprov DKI untuk menghasilan karya-karya kreatif. Sehingga sekaligus mengenalkan atau mempromosikan DKI Jakarta sebagai Jakarta Baru baik secara nasional maupun internasional.

Karena itu, ia pun meminta Kepala Dinas Pariwisata, Arie Budiman, menganggarkan dana untuk para pemuda kreatif untuk mendukung hal tersebut.

"Pak Arie harus anggarkan buat kita bantu anak-anak muda ini sehingga bisa produksi massal. Kan sudah dikasih paten semuanya kan. Supaya orang suka datang ke Jakarta," kata Ahok.

Dalam kesempatan tersebut pula, mantan bupati Belitung Timur itu juga mengungkapkan rencana pembangunan ruang bawah tanah di kawasan Monas. Nantinya, di tempat itu akan disediakan ruang pameran produk-produk kreatif dan tradisional Indonesia, khususnya produk UMKM Jakarta. Ia pun meminta dukungan semua lapisan masyarakat agar turut mendukung rencana tersebut guna mewujudkan Jakarta Baru.

"Kalau tidak ada masalah (tender), akan dibuat ruangan di bawah Monas supaya punya punya ruangan besar buat pameran produk kreatif. Jamu dan kecantikan juga. Indonesia terkenal juga dengan itu. Itu sesuatu yang luar biasa. Kita lihat kreatifitas produk kita bagus. Asal ada kesempatan dan keadilan, pejabat mau melayani untuk punya produk unggulan. Karena Indonesia tidak mungkin kalah, Indonesia pasti menang," ujar Ahok.

Pada acara yang dihelat Dewan Kerajinan Nasional Daerah DKI itu, terpajang berbagai desain kreatif souvenir khas Jakarta yang dilombakan, seperti roti buaya, permainan monopoli berdesain lokasi-lokasi wisata di Jakarta, Kaos-kaos bergambar kota Jakarta, lukisan mini khas Jakarta, dan boneka ondel-ondel mini. Para pendesain tersebut merebutkan piala Jakarta Souvenir Desain Award 2013. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini