Sukses

[VIDEO] Sisi Lain Paskibraka, Sosok yang Disiplin dalam Semua Hal

Tersimpan sosok-sosok sederhana dibalut kedisiplinan dari mereka dalam berbagai hal.

Di balik kegagahan dan keanggunan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2013 yang mengibarkan bendera di Istana Negara pada 17 Agustus 2013 kemarin, tersimpan sosok-sosok sederhana dibalut kedisiplinan dari mereka dalam berbagai hal.

Paskibrakan laki-laki dan wanita pun melakukan disiplin yang sama.  Seperti dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (18/8/2013), mereka yang bangga terpilih menjadi wakil dari seluruh provinsi di Indonesia, terlihat makan malam bersama dengan menu sederhana namun penuh gizi.

"Ada Rendang, ayam, sayur, tempe," ujar salah satu anggota Paskibra perempuan.

Seluruh anggota Paskibraka yang berjumlah 66 orang dari 33 provinsi itu pun duduk bersama di ruang makan, terbagi dalam beberapa kelompok.

Menurut Subagyo, selaku Pembina Paskibraka 2013, pemilihan menu yang sehat dan bergizi itu dilakukan dengan berganti-ganti. Mereka juga tak diperbolehkan memakan sambal dan air dingin demi kesehatan.

"Makan 3 kali dan snack 3 kali," ujar Subagyo.

Meski makan teratur, namun tak ada dari anggota Paskibraka tersebut yang kelebihan berat badan.

"Sebab olahraga terus dari bangun sampai tidur," jelas Subagyo.

Saat makan, para anggota Paskibraka pun masih melakukan sikap disiplin. Seperti mengangkat tangan saat akan meminta tambahan air minum. Bahkan dalam 1 meja, makanan yang telah disediakan harus dihabiskan bersama dengan kelompok makannya yang terdiri dari 4 orang itu.

Selain berlatih baris-berbaris setiap hari, para anggota Paskibraka juga melakukan aktivitas seni dengan menari.

Intinya, anggota Paskibraka memang harus menanamkan dan menjalankan disiplin dalam berbagai hal. Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi. Bagi mereka, Indonesia dalam 2 kata adalah Indonesia Jaya! (Tnt/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.