Sukses

[VIDEO] Bendera Merah Putih Mulus Berkibar di Istana Merdeka

Momen mendebarkan itu akhirnya berlalu. Bendera Merah Putih yang terlipat ditarik dan dibentangkan oleh Paskibraka. Tidak terbalik.

Momen mendebarkan itu akhirnya berlalu. Bendera Merah Putih yang terlipat ditarik dan dibentangkan oleh Tim Permata Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Tidak terbalik. Sang Merah Putih pun berkibar dengan mulus.

Lagu Indonesia Raya pun berkumandang dengan iringan marching band saat Bendera Merah Putih ditarik naik ke puncak tiang yang berdiri kokoh di halaman Istana Merdeka, Jakarta, seperti ditayangkan Liputan 6 SCTV secara langsung pada Sabtu (17/8/2013).

Cuaca cerah menaungi upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi itu dimulai sekitar pukul 09.45 WIB ketika berturut-turut Kompi Protokol TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Kepolisian RI serta Taruna Akademi TNI dan Akademi Polisi memasuki lapangan upacara.

Komandan Upacara pada peringatan kali ini adalah Kolonel Pnb (Penerbang) Ronald Lucas Siregar. Paskibraka yang bertugas adalah Tim Permata.

Tim Permata diperkuat oleh pengerek bendera Mohammad Rayhan Akbar (pelajar dari Jawa Barat), pembentang bendera Gilbert Karamoy (pelajar dari Sulawesi Utara), dan pembawa baki bendera Adelena Tesalonika (pelajar dari Sulawesi Tenggara).

Di panggung kehormatan, SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono.

Peringatan Detik-Detik Proklamasi ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirene, bedug di masjid, dan lonceng di gereja tepat pukul 10.00 WIB selama 1 menit.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPD Irman Gusman, pembacaan doa yang dipimpin Inspektur Upacara SBY, dan pembacaan doa oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.

Pengibaran bendera Sang Merah Putih dilakukan pada pukul 10.14 WIB yang dilanjutkan dengan fly pass pesawat tempur F-16 dan pesawat tempur Sukhoi TNI AU.

Pada sore hari di tempat yang sama akan dilakukan upacara penurunan bendera. Pada malam harinya, kegiatan dilanjutkan dengan resepsi peringatan HUT ke-68 RI yang digelar di halaman tengah Istana. Acara yang akan dihadiri menteri-menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, duta-duta besar dan kepala lembaga negara itu dimulai sekitar pukul 20.00 WIB.

Untuk memeriahkan upacara tahun ini yang bertema Kalimantan, sejumlah hiburan disiapkan untuk menyambut para undangan yang mengikuti upacara, antara lain panggung musik campursari Jawa Tengah dan musik Jawa Barat. (Ant/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini