2 Hari Lagi, Monas Jakarta Carnaval Bakal Digelar di Monas

  • Peristiwa
  • 0
  • 16 Agu 2013 19:56

monas-karnaval-130816c.jpg
Memperingati HUT ke-68 RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dengan Pemprov DKI Jakarta menggelar kegiatan Gelar Seni dan Pawai Budaya serta Monas Jakarta Carnaval. Kegiatan tersebut digelar pada Minggu 18 Agustus 2013 di kawasan Monumen Nasional (Monas) mulai pukul 10.00 WIB.

"Rencana Gubernur atau Wagub akan menyaksikan bersama Presiden RI di Istana beserta para menteri kabinet dan dubes-dubes," ujar Kepala Dinas Pariwisata DKI Arie Budiman saat dihubungi, Jumat (16/8/2013).

2 Kegiatan yang disinergikan ini terdiri dari Gelar Seni dan Pawai Budaya. Kegiatan itu dimulai pukul 14.00 WIB dengan jalur lintasan dari Monas sisi timur laut (Pintu Pertamina) masuk ke Istana Negara kemudian keluar dan menyusuri Medan Merdeka Barat melewati Gedung Sapta Pesona.

Setelah itu menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, menyusuri Balaikota dan masuk kembali ke area Monas melalui Pintu Tenggara (Pintu Gambir). Saat tiba di Pintu Tenggara, kegiatan Monas Jakarta Carnaval (MJC) akan menyambut arak-arakan pawai dengan konsep pesta rakyat.

"Ada Monas Carnaval. Selain berpartisipasi pada pawai budaya nusantara, ikut karnaval bersama dengan provinsi-provinsi lain. Terus pesta rakyat di Monas, ada panggung hiburan, ada permainan tradisional seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung. Terus ada pameran UMKN dan komunitas," jelas Arie.

Peserta Karnaval diikuti dari 33 provinsi di Indonesia dengan jumlah sekitar 3.000 pendukung acara. DKI Jakarta akan menampilkan ondel-ondel dan tari topeng Betawi yang dibawakan oleh 140 pelajar dan para penari dari sanggar-sanggar seni.

"Karya budaya yang akan ditampilkan bertajuk 'Saujana Jakarta, Sejauh Mata Memandang'. Monas Jakarta Carnaval akan membawa nuansa pesta rakyat, dengan panggung hiburan, pameran, atraksi komunitas, lomba-lomba dan permainan tradisional seperti panjat pinang, balap karung, tarik tambang, makan kerupuk, semangka koin dan permainan anak-anak," tutur Arie.

Selain perlombaan, ada pula 60 stand pameran dan bazar dari 33 provinsi, UMKM dan komunitas. Di samping panggung hiburan, Monas Jakarta Carnaval juga menyediakan panggung pelepasan di sisi timur laut Monas, panggung pengamat di depan Gedung Sapta Pesona dan di depan Balaikota, yang akan diisi hiburan seni budaya Betawi. (Ali)

Credit: Muhammad Ali


Related Articles
Terpopuler