Sukses

10 Bulan Pimpin DKI, Jokowi-Ahok Rotasi Pegawai 14 Kali

Pemprov DKI sebenarnya hanya menargetkan pelantikan sebanyak 12 kali dalam 1 tahun untuk mengganti para pejabat.

Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama telah 10 bulan menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta sejak dilantik pada Oktober 2012 lalu. Selama itu, mereka telah melantik Pegawai Negeri Sipil (PNS) DKI sebanyak 14 kali.

Kepala Bidang Pengembangan BKD DKI Jakarta, Chaidir mengungkapkan, penggantian pejabat Pemprov DKI itu untuk pejabat eselon II, eselon III, dan eselon IV. "Dari awal sudah 14 kali pelantikan, termasuk pelantikan camat dan lurah hasil seleksi terbuka," ujar Chaidir di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (16/8/2013).

Pada 30 November 2012, pelantikan pejabat eselon II DKI dilakukan pertama kali pada pemerintahan pasangan yang karib disebut Jokowi-Ahok. Kemudian ditambah dengan 2 kali rotasi. Lalu, pejabat eselon III dilantik sebanyak 5 kali dan pejabat eselon IV 6 kali.

Pemprov DKI sebenarnya hanya menargetkan pelantikan sebanyak 12 kali dalam 1 tahun untuk mengganti para pejabat yang pensiun, sakit, meninggal dan pindah kerja. Sehingga jumlah rotasi pegawai yang dilakukan Jokowi-Ahok terbilang cukup besar.

"Target dan jadwal kita 12 kali pelantikan tiap tahunnya, tapi setahun bisa pelantikan sampai 18 kali," kata Chaidir.

Untuk hari ini, telah dilakukan pelantikan 16 pejabat eselon III yang dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda), Wiriyatmoko.

Pejabat yang dilantik, yaitu Sukiman dari Kepala Seksi Aparatur Inspektorat menjadi Inspektur Pembantu Kota Jakarta Barat, Ruddy Lapino Basri dari Kepala Seksi Tata Usaha Perizinan Bangunan Sudin Jakarta Barat menjadi Kepala Sudin Perizinan Bangunan Jakarta Pusat, Engkos Kosasih dari Kasie Pembinaan Usaha Kebersihan Dinas Kebersihan menjadi Kepala Bidang Teknik Pengelolaan Kebersihan Dinas Kebersihan.

Lalau, Subandi dari Kasie Sarana dan Prasarana Unit Pengelola Limbah Septictank Dinas Kebersihan menjadi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Kebersihan, dan Tafdil dari Kepala Bidang Integrasi Bangsa Badan Kesbangpol menjadi Kepala Kantor Kesbangpol Jakarta Selatan. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini