Sukses

2 Meninggal dan 1 Hilang Tertimbun Longsor di Gunung Halu

Sebelumnya, di Gunung Halu beberapa kali terjadi longsor akibat gerakan tanah, seperti 13 April lalu yang mengakibatkan 121 rumah rusak.

Meskipun sudah memasuki musim kemarau namun longsor masih terjadi akibat hujan dan kondisi tanah yang labil. 2 Orang meninggal dunia dan 1 hilang akibat tertimbun longsor di Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Bandung Barat, Jawa Barat.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Jumat (16/8/0213), Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan longsor di Desa Sindangjaya, Gunung Halu, terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. 2 Warga meninggal dan 1 hilang akibat tertimbun longsor. Pencarian korban masih dilakukan tim SAR.

"Lokasi kejadian merupakan daerah perbukitan yang rawan tinggi longsor," kata Sutopo.

Ia menjelaskan masyarakat yang tinggal di lereng-lereng perbukitan memang memiliki risiko tinggi longsor. Terlebih, akses menuju lokasi tersebut sulit dicapai, dan hanya bisa dijangkau dengan sepeda motor. Adanya gerakan tanah yang terus menerus memicu terjadinya longsor dan menimbun perumahan masyarakat setempat.

"Sebelumnya di Kecamatan Gununghalu beberapa kali terjadi longsor akibat gerakan tanah, seperti 13 April lalu yang menyebabkan 121 rumah rusak," imbuh Sutopo.

Sutopo menerangkan, evakuasi korban masih dilakukan TNI, BPBD, Tagana, PMI dan masyarakat setempat. BPBD Kabupaten Bandung Barat juga telah menyalurkan bantuan logistik. Pendataan terus masih dilakukan. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

Video Terkini