Sukses

[VIDEO] Hasil Tangkap Tangan Rudi Rubiandini

Temuan pertama barang bukti saat operasi tangkap tangan KPK terhadap mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini digelar.

Temuan pertama barang bukti saat operasi tangkap tangan KPK terhadap mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini digelar. Barang Bukti itu berupa ratusan ribu dolar Amerika yang disimpan tersembunyi di kotak sepatu, kotak peci, beberapa kotak, dan tas hitam. Barang bukti tersebut diterima Rudi dari Ardi, pihak Kernel Oil.

Satu motor gede merek BMW Klasik yang juga diberikan pada Rudi ikut disita KPK. Seperti dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Jumat (16/8/2013), hasil penggeledehan di apartemen Ardi juga ditemukan 200 ribu dollar Amerika. Diduga Rudi menerima komitmen fee sebesar US$ 700 ribu dari Kernel Oil. Ini adalah rekor terbesar yang pernah didapat KPK dalam operasi tangkap tangan.

Dalam penggeledahan yang dilakukan KPK di Kantor ESDM dan SKK Migas, ditemukan lagi US$ 200 ribu di ruang Sekjen ESDM dan menyita US$ 320 ribu lagi di deposit Rudi di Bank Mandiri. Tetapi KPK belum membuat kesimpulan tentang temuan uang ribuan dolar di Kantor ESDM.

Sejauh ini, total uang yang disita KPK dalam kasus Rudi dan 2 orang dari Kornel Oil adalah sekitar Rp 14 miliar. Menurut KPK, uang ini akan ditelusuri apakah berkaitan langsung dengan kasus Kernel Oil atau ada kasus lain.

Sementara Rudi menyangkal telah melakukan korupsi, dan mengaku hanya menerima gratifikasi. Tetapi KPK menyatakan, gratifikasi adalah salah satu perbuatan korupsi dan akan menyelidiki lebih lanjut apakah ada tersangka lain yang menikmati uang gratifikasi dari sektor migas ini. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini