Sukses

Habibie Datang, Mega Tidak, Keduanya Disebut SBY dalam Pidato

Pidato kenegaraan Presiden SBY dihadiri sejumlah elite dan tokoh negeri ini. Termasuk BJ Habibie. Sedangkan Megawati tidak hadir.

Pidato kenegaraan Presiden SBY dihadiri sejumlah elite dan tokoh negeri ini. Termasuk mantan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie. Sedangkan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri tidak hadir.

Meski demikian kedua nama mantan Kepala Negara tersebut disebut SBY dalam pidato kenegaraan menjelang HUT ke-68 Kemerdekaan RI dalam sidang bersama DPR-DPD yang disampaikan di Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2013).

"Kita perlu merenungkan perjalanan reformasi yang telah berlangsung selama 15 tahun. Proses ini telah dimulai sejak Pemerintahan Presiden Habibie, yang dilanjutkan oleh Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati, dan terus berlangsung hingga saat ini," kata SBY.

Indonesia, sambung dia, juga telah melewati era transisi demokrasi. Sejumlah tantangan dan ujian telah dilalui. Banyak yang telah dicapai, namun tidak sedikit pula pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

"Konsolidasi demokrasi semakin kita tingkatkan  melalui penguatan sistem, kelembagaan, dan budaya demokrasi. Alhamdulillah, demokrasi semakin tumbuh dan mekar," ucap SBY.

Selain BJ Habibie, pidato kenegaraan SBY juga dihadiri oleh mantan Wakil Presiden Hamzah Haz dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

SBY pada pukul 14.30 WIB juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2014 disertai nota keuangan. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.