Sukses

KPK Temukan US$ 200 Ribu di Ruang Sekjen ESDM

KPK kembali menemukan uang US$ 320.100 milik Rudi Rubiandini.

Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan uang ratusan ribu dolar Amerika Serikat saat menggeledah ruangan milik Sekretaris Jenderal ESDM, Wahyono Karno. KPK pun tengah meneliti apakah ada kaitan uang itu dengan kasus suap yang menjerat mantan Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini.

"Penyidik menemukan uang US$ 200 ribu di ruang Sekjen ESDM," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Namun, Johan mengaku belum tahu apakah uang itu ada kaitannya dengan kasus suap yang menjerat Rudi Rubiandini. "Sedang diverifikasi. Belum diketahui ada atau tidak hubungan dengan S, A, dan R," jelas Johan.

Selain itu, lanjut Johan, KPK kembali menemukan uang ratusan ribu dolar dari safe deposit box milik Rudi di Bank Mandiri. "Juga diamankan US$ 320.100 di deposit box milik R di Bank Mandiri," ujarnya.

Rudi Rubiandini ditangkap bersama Deviardi di kediamannya yang terletak di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan pada Selasa 13 Agustus pukul 22.30. Selain itu, KPK juga menangkap petinggi PT Kernel Oil Pte Ltd, Simon Gunawan Tanjaya.

Dari tangan Rudi, penyidik turut mengamankan uang tunai sebesar US$ 400 ribu dan mengamankan sebuah motor gede BMW. Tak hanya itu, KPK juga menyita US$ 90 ribu dan 127 ribu dolar Singapura yang ditemukan di rumah Rudi, serta US$ 200 ribu yang ditemukan di rumah Ardi. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini