Sukses

Ahok: Kita Nggak Pernah Ambil Dana CSR untuk Rusun Marunda

"Kita nggak pernah ambil dana. Ahok Center nggak ada rekening bank. Dan tidak pernah terima duit. Bantuan dalam bentuk barang," kata Ahok

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan, relawan yang tergabung dalam Ahok Center tidak pernah mengelola dana bantuan CSR untuk proyek pembangunan Rusun Marunda dari perusahaan dalam bentuk uang. Menurutnya 18 perusahaan itu memberikan bantuan dalam bentuk barang ke Dinas Perumahan DKI yang bermitra dengan Ahok Center.

"Kita nggak pernah ambil dana. Ahok Center nggak ada rekening bank. Dan tidak pernah terima duit. Semua bantuan kan bentuknya sumbangan teman-teman, BUMD-BUMD, dalam bentuk barang," ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Ia menjelaskan relawan yang tergabung dalam Ahok Center itu hanya membantu mengawasi keamanan distribusi bantuan perusahaan. Jika ada penyelewangan oleh penerima bantuan, seperti menjual kembali barang. Apabila ditemukan penyalahgunaan, tim Ahok Center akan melaporkan langsung kepadanya.

"Jadi Ahok Center nggak pernah terima barang, sumbang ke sana. Itu cuma relawan mau bantu mengawasi mana yang jual. Mereka nggak mau terima duit. Dan kita pun nggak pernah terima uang. Kecuali kalau mereka mengatasnamakan Ahok Center buat minta-minta duit. Nah, itu kita pidana kalau udah ada laporan seperti itu," tegas Ahok.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) DKI, Endang Widjajanti mengatakan dalam laporan SKPD Dinas Perumahan mencatat nama Ahok Center menjadi mitra kerja bantuan CSR dari 18 perusahaan untuk proyek pembangunan Rumah Susun Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Laporan Dinas perumahan itu dibuat berdasarkan instruksi Gubernur DKI.

Endang menjelaskan Ke-18 yang memberikan bantuan CSR adalah PT Asuransi Jasindo, PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo, PD Pasar Jaya,  Bank DKI, PT Jakarta Tourisindo, PT Jawa Barat Indah, PT Barito Pasific, PT Landmark, PT. Jeunesse Global Indonesia, PT Duta Pertiwi, PT Zaman Bangun Pertiwi, Bapak Wahyu, PT Changbong, PT DUFO, PT HAIER, dan Grup Golf. Adapun bantuan yang diberikan berupa perabotan kamar, televisi, kulkas hingga tempat duduk. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini