Sukses

[VIDEO] Pemudik Masih Memadati Pelabuhan Merak

Arus balik masih padat pada H-6 Lebaran. Seperti di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, dan Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Arus balik para pemudik masih padat pada H-6 Lebaran. Ratusan calon penumpang terlihat bergegas naik kapal roro yang bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Rabu (14/8/2013) petang. Mereka sudah tidak sabar menunggu penumpang kapal yang hendak turun.

Sebagian besar adalah para pemudik yang hendak kembali ke berbagai lokasi di Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, Banten. Penumpukan penumpang terjadi di semua  dermaga. Bahkan, di Dermaga I sampai III, penumpang berdesak-desakan mengantre untuk segera naik kapal.

Mereka khawatir tidak kebagian tempat karena kapal roro sering terlambat sandar sehingga harus menunggu lama jika tidak segera naik. Yang naik kapal tidak hanya penumpang mobil dan bus, tapi juga pengendara sepeda motor. Kendati demikian, kendaraan bermotor yang naik kapal roro sudah tidak sebanyak hari-hari sebelumnya.

Sementara itu, dalam tayangan Liputan 6 SCTV, kepadatan juga terlihat di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur. Ratusan pemudik antarpulau menunggu kapal yang yang hendak balik ke Kalimantan dan Sulawesi.

Di luar terminal calon penumpang yang hendak masuk juga membludak. Mereka pun harus berdesak-desakan agar bisa masuk terminal. Bahkan ada yang sudah bermalam di terminal penumpang karena khawatir tidak kebagian tempat di atas kapal. Mereka memilih kembali Rabu ini karena kapal baru akan ada lagi hari Minggu dan Senin mendatang.

Di jalan raya kemacetan juga masih mewarnai arus balik. Di jalur Pantura Brebes, Jawa Tengah, kendaraan yang melewati Jalan Sudirman berjalan tersendat karena tingginya volume kendaraan yang lewat.

Kemacetan juga dipicu ramainya warga yang hendak menyeberang ke Pasar Induk Brebes. Belum lagi dengan becak dan sepeda motor yang parkir di pinggir jalan raya, sehingga memaksa pengemudi memperlambat laju kendaraan.

Meski jalan ini sudah diberlakukan satu arah, tetap saja becak dan sepeda motor yang menuju dan pulang dari pasar melawan arus, sehingga mengganggu arus lalu lintas. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.