Sukses

TNI AD Siap Bantu Pemprov DKI Tertibkan PKL Tanah Abang

Kebetulan prajurit saya sedang tidak operasi. Jadi Pak Gubernur minta kekuatan berapa pun pasti akan kami berikan.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Moeldoko mengatakan seluruh prajurit TNI AD siap membantu Pemprov DKI menertibkan pasar tradisional dari parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) yang kerap membuat kemacetan lalu lintas. Termasuk, menertibkan PKL di Tanah Abang.

"Kalau Pemprov DKI minta, Pak Kasad minta bantuan bersihkan Pasar Tanah Abang, ayo. Semua yang diminta akan diberikan. Kebetulan prajurit saya sedang tidak operasi. Jadi Pak Gubernur minta kekuatan berapa pun pasti akan kami berikan," kata Moeldoko di Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2013).

Moeldoko menambahkan intinya TNI AD akan membantu  Pemprov DKI baik  fisik mau pun pemikiran. Sehingga, tantangan atau kesulitan yang dihadapi Pemprov DKI dan masyarakat Ibukota dapat diselesaikan. Walau pun yang diselesaikan masih bagian kecil dari masalah Jakarta yang kompleks.

"Seperti membersihkan sungai Ciliwung yang hari ini dilaksanakan, merupakan permintaan bantuan dari Pemprov DKI. Kita tadi bincang-bincang, kalau di luar negeri, sungai menjadi peluang dan kekuatan. Tapi di Indonesia, sungai menjadi ancaman. Itu yang ingin kita rubah," imbuh Moeldoko.

Memberi bantuan untuk membersihkan sungai bukan 1 atau 2 kali dilakukan TNI AD. Dua bulan lalu, TNI AD membersihkan sungai di Kota Surabaya dengan kekuatan besar yaitu mencapai 10 ribu orang, baik dari prajurit TNI AD bersama masyarakat. Lalu dilanjutkan ke Kalimantan dan saat ini di Jakarta.

"Karena itu, saya sepakat dengan Pak Gubernur, kegiatan ini harus dilakukan terus menerus, jangan hanya sekali ini saja," imbuh Moeldoko.

Jokowi

Menanggapi hal itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Pemprov DKI memang membutuhkan bantuan TNI AD untuk membangun Jakarta menjadi kota yang tertib, indah dan tertata rapi. Bahkan, dalam penertiban dan penataan PKL Pasar Tanah Abang, Pemprov DKI juga  melibatkan TNI AD.

"Sudah kok. Kita sudah libatkan TNI AD menertibakan  PKL Tanah Abang. Nantinya kita akan libatkan terus lah," imbuh Jokowi yang mantan Walikota Solo itu. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini