Sukses

KPK Akan Dilibatkan dalam Konvensi Demokrat?

Pendanaan konvensi akan disiapkan oleh Komite dengan sumber dana berasal dari Partai Demokrat.

Sekretaris Komite Konvensi Suaidi Marasabessy menyatakan, Komite belum perlu melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam masalah transparasi pendanaan konvensi, maupun pendanaan calon peserta konvensi. Menurutnya, bila nanti ada kejanggalan, tentu KPK akan turun dengan sendirinya untuk menyelidiki.

"Belum sampai kesitu. Tapi nanti kalau memang ada sesuatu yang terjadi. Tentu tanpa diminta KPK akan melakukan sendiri. Akan turun sendiri. Apabila ada anggaran yang tidak jelas," kata Suaidi di Wisma Kodel, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2013).

Menurut dia, pendanaan konvensi ini akan disiapkan oleh Komite dengan sumber dana berasal dari Partai Demokrat. Suaidi menjelaskan seluruh peserta tidak akan dipungut biaya sepeser pun dalam konvensi yang dilakukan Komite.

"Tapi kalau peserta melakukan kegiatan di luar komite, itu pendanaan pribadi," ucap Suaidy.

Meski kegiatan di luar konvensi dan atas biaya sendiri, Suaidi  menyatakan kegiatan itu tetap dalam aturan Partai Demokrat. Sebab sang calon itu terikat aturan dari partai dan sebagai peserta konvensi.

"Tetap diatur partai, ada syaratnya, sumbernya harus konkret dan jelas," tukas Suaidi. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.