Sukses

Penipu Via Facebook yang Dibekuk Korban Ternyata Mahasiswa S2

Saat diperiksa petugas Kepolisian Polrestabes Semarang, Jerico mengaku sebagai mahasiswa Magister Manajemen Universitas Semarang.

Pelaku penipuan yang bermula dari Facebook berhasil dibekuk korbannya sendiri,  Eko Heri Trimurhandani (35), warga Desa Proto, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Pelaku bernama Hendi Ardian alias Jerico (28) itu ternyata seorang mahasiswa pascasarjana S2.

Saat diperiksa petugas Sentra Pelayanan Kepolisian Polrestabes Semarang, Jerico mengaku sebagai mahasiswa Magister Manajemen Universitas Semarang.

Penangkapan Trimurhandani terhadap Jerico dilakukan saat pelaku penipuan itu sedang bersantai di salah satu pusat perbelanjaan di Semarang, Senin (12/8/2013), setelah melakukan pelacakan selama beberapa hari.

Korban kemudian meminta tolong petugas keamanan di pusat perbelanjaan untuk selanjutnya melapor ke Polrestabes Semarang. Menurut Trimurhandani, Jerico menjanjikan bisnis di bidang perhotelan tanpa modal.

Trimurhandani yang berprofesi sebagai petugas keamanan di Pulau Bali tersebut tergiur tawaran Jerico yang dikenal lewat Facebook.

"Kenal lewat Facebook, lalu berhubungan lewat telepon," jelasnya. Keduanya sepakat bertemu di Pekalongan untuk membicarakan tawaran investasi itu.

Jerico sempat mengajak Trimurhandani berkeliling ke sejumlah hotel di Pekalongan yang diakui sebagai bagian dari program pemasaran. Saat pertemuan di hotel itu, pelaku membawa kabur sepeda motor, 3 unit telepon seluler serta sejumlah uang miliknya.

"Katanya mau pinjam sepeda motor, tetapi ternyata tidak kembali lagi," kata Trimurhandani.

Korban berhasil melacak pelaku melalui salah satu telepon seluler yang dibawa kabur pelaku. "Posisi terakhir terlacak di Semarang. Saya dibantu seorang teman untuk mencari di Semarang," ujar Trimurhandani. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.