Sukses

Tiket KA dan Kapal Laut Masih Banyak

Tak ada antrean calon penumpang di pusat pemesanan tiket KA di Stasiun Juanda dan pemesanan tiket kapal laut di Kemayoran, Jakpus. Penjualan tiket hanya dilakukan untuk pemberangkatan H-7.

Liputan6.com, Jakarta: Dua pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri tidak terlihat antrean panjang calon penumpang di pusat pemesanan tiket kereta api di Stasiun Juanda, Jakarta Pusat. Situasi yang sama juga terjadi di pusat pemesanan tiket kapal laut di PT Pelni, Kemayoran, Jakpus. Demikian informasi yang dihimpun SCTV dari kawasan Juanda dan Kemayoran, Jakpus, Rabu (12/11).

Tidak adanya lonjakan penumpang KA disebabkan sistem penjualan tiket untuk kereta api tambahan berbeda dengan KA reguler. Para calon penumpang tak bisa membeli tiket jauh-jauh hari, karena PT Kereta Api Indonesia hanya melayani pembelian tiket untuk pemberangkatan H-7. Kereta api tambahan dikerahkan untuk menutup kebutuhan KA reguler yang tiketnya sudah dipesan habis hingga 26 November mendatang [baca: Sebagian Tiket KA Lebaran Habis Dipesan].

Sementara itu, penjualan tiket kapal laut dilakukan secara online dan hanya bisa dipesan untuk pemberangkatan H-7. Kendati begitu, tiket kapal laut untuk tanggal 18 hingga 21 November dengan jurusan lintas barat Sumatra sudah habis terjual. Begitu pula pemberangkatan untuk tanggal 17 hingga 21 November jurusan Indonesia timur yang juga sudah habis terjual. Sejauh ini, PT Pelni belum berencana menambah jumlah kapal karena kebutuhan penumpang masih bisa ditangani oleh 12 kapal yang ada sekarang.(PIN/Abbas Yahya dan Satya Pandia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.