Sukses

Demokrat: Ibas Juga Ikut Konvensi

"Kalau tidak disukai rakyat ya tidak bisa. Kalau disukai rakyat oke. Tapi yang disukai, dipercayai oleh rakyat itu yang maju," kata Jero.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Jero Wacik membenarkan Edhie Baskoro Yudhoyono yang akrab disapa Ibas ikut mendaftarkan diri sebagai peserta Konvesi Demokrat. Menurutnya, putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu harus mengikuti mekanisme partai jika ingin  menjadi capres dari Demokrat.

"Loh, makanya kita masukan dia (Ibas) ke konvensi," kata Jero Wacik di Hotel Darmawangsa, Jakarta, Minggu (11/8/2013).

Jero Wacik yang juga Menteri ESDM itu menambahkan para calon kandidat yang akan mengikuti konvensi akan dinilai elektabilitasnya melalui 3 lembaga survei jika. Melalui survei itu, Demokrat bisa tahu capres pilihan rakyat.

"Kalau tidak disukai rakyat ya tidak bisa. Kalau disukai rakyat oke. Tapi mana yang disukai oleh rakyat, dipercayai oleh rakyat itu yang akan kita dorong maju," imbuh Jero.

10 Nama

Jero Wacik menambahkan sudah 10 lebih nama tokoh yang ikut mendaftar sebagai peserta konvensi Demokrat. Ada yang berasal dari internal partai dan dari luar partai Demokrat. Namun, Ia enggan merinci peserta konvensi.

"Di atas 10 tokoh yang sudah menyampaikan minatnya untuk mendaftar ikut konvensi. Nanti pada saatnya diumumkan," kata Jero Wacik.

Ia menambahkan, konvensi pemilihan capres yang dilakukan partainya tidak menggunakan sistem gugur. "Tidak ada angka maksimal kita tidak membayangkan banyak calon karena konvensi ini tidak ada sistem gugur," tambah Jero.

Para tokoh yang sudah dihubungi dan berniat mengikuti konvensi capres, lanjut Jero Wacik, kebanyakan dari luar partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono itu. "Para tokoh itu ada yang berasal dari kader, tapi kebanyakan dari luar Partai Demokrat," jelas Jero. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini