Sukses

Pantau Arus Balik Pemudik, Wamenhub Sidak Stasiun Gubeng Surabaya

"Saya ingin melihat bagaimana kondisi dan situasi penumpang kereta api pada hari ini, khususnya di Stasiun Gubeng Surabaya," ujar Bambang.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono melakukan inspeksi mendadak ke Stasiun Gubeng Surabaya untuk memantau situasi arus balik dalam rangka Lebaran 2013, Sabtu malam.

Didampingi sejumlah pengurus PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daerah Operasional (Daop) 8, Bambang tiba sekitar pukul 20.00 WIB kemudian meminta penjelasan dari pihak stasiun setempat dan menyempatkan berkeliling sekitar 1 jam.

"Saya ingin melihat bagaimana kondisi dan situasi penumpang kereta api pada hari ini, khususnya di Stasiun Gubeng Surabaya," ujarnya di sela sidak itu di Stasiun Gubeng, Sabtu (10/8/2013).

Setelah sekitar 15 menit berdiskusi, Bambang Susantono menuju ruang tunggu penumpang. Di sana, orang nomor 2 di jajaran Kementerian Perhubungan RI itu menyempatkan berdialog dengan sejumlah penumpang yang masih menunggu kereta api. Tidak hanya itu, ia juga menyempatkan masuk ke kereta api Pasundan Lebaran jurusan Surabaya-Bandung (kelas ekonomi) dan berdialog dengan penumpang di dalamnya.

"Hati-hati selama di perjalanan dan semoga menyenangkan. Kami berharap semakin lama semakin meningkat pelayanan kereta api terhadap penumpang," kata dia berpesan untuk para penumpang.

Selain itu, ia juga meminta masukan untuk evaluasi dalam rangka peningkatan pelayanan serta kualitas, terutama di kereta api kelas ekonomi. "Bagaimana naik kereta api kelas ekonomi sekarang pak? Ada masukan atau kritik? Sekarang sudah enak ya, sebab kereta ekonomi ada AC-nya?," tanya Bambang.

Salah seorang penumpang, Santoso, mengaku pelayanan kereta api saat ini sudah lebih baik dan nyaman. Meski pada musim arus mudik kali ini sangat ramai, kata dia, namun tingkat keamanan dan kenyamanan tetap terjaga.

"Apalagi sekarang sudah ada AC dan keretanya bersih. Tidak seperti beberapa tahun lalu yang penuh sesak dan kotor, terlebih ketika musim arus mudik. Kami berharap ke depan semakin lebih baik," pungkas Bambang. (Ant/Tya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini