Sukses

Gempa Dangkal 4,5 SR Guncang Agam

Guncangan gempa pada Sabtu sekitar pukul 18.57 WIB.

Wilayah Agam, Sumatera Barat diguncang gempa darat berkekuatan 4,5 SR. Akibat guncangan gempa pada Sabtu sekitar pukul 18.57 WIB itu, masyarakat yang panik berhamburan keluar rumah.

"Pusat gempa di darat dengan kedalaman 10 km pada koordinat 0.08 LS, 100.08 BT (18 km barat laut Agam)," rinci Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Liputan6.com, Sabtu (10/8/2013).

Berdasarkan keterangan Sutopo, pusat gempa berada di Desa Bayua, Kecamatan Tanjung Mutiara, Danau Maninjau Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dengan sumber gempa berasal dari Sesar Sumatera segmen Sianok-Barumun.

Sementara berdasarkan peta guncangan gempa, intensitasnya adalah II MMI. Namun di skala lokal, di pusat gempa tersebut guncangan 4,5 SR itu dirasakan cukup kuat.

Selain membuat panik masyarakat yang kemudian berhamburan keluar rumah. Beberapa tembok rumah warga di lokasi pusat gempa mengalami retak-retak.

Meski demikian, tidak ada laporan korban jiwa. Beberapa saat setelah guncangan gempa, aktivitas masyarakat telah kembali normal. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini