Sukses

Gunung Rokatenda Meletus Lagi, 5 Tewas Terkena Awan Panas

Arah luncuran awan panas tidak seperti biasanya yang mengarah ke arah selatan hingga ke pantai.

Gunung Rokatenda di Pulau Palue, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur kembali meletus pada Sabtu (10/8) pukul 04.27 Wita. Tinggi abu letusan fluktuatif antara 1.500 hingga 2.000 meter dari puncak.

"Letusan dengan suara keras yang disertai dengan semburan kerikil dan abu vulkan serta gempa vulkanik. Masyarakat sekitar panik dan dilaporkan letusannya lebih besar daripada letusan sebelumnya," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sabtu (10/8/2013).

Menurut Sutopo, hingga pukul 9.30 Wita masih terlihat awan panas guguran menuju arah utara. Arah luncuran awan panas tidak seperti biasanya yang mengarah ke arah selatan hingga ke pantai. "5 orang tewas akibat awan panas, dimana 3 orang sudah ditemukan dan 2 orang masih dalam pencarian," ujarnya.

Bupati Sikka bersama BPBD telah berada di lokasi dan melakukan penanganan darurat.

Status Gunung Rokatenda masih ditetapkan Siaga oleh PVMBG. Gunung Rokatenda meletus sejak Oktober 2012, abu letusan tersebar dalam pulau bergantung arah angin. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini